Ahadan, 25 Maret 2012

Kegiatan pembinaan Minggu ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Beberapa lembar karpet telah tertata rapi di taman Mesjid Al-Hurriyah, perasaan bingung mungkin mulai menghiasi wajah polos para adik ketika memasuki aula yang biasanya dijadikan tempat untuk pembinaan sebelumnya. Memang pada Minggu ini kegiatan pembinaan tidak dilaksanakan di aula melainkan di taman Al-Hurriyah. Namun, itu semua tidak mematahkan semangat mereka untuk mengikuti pembinaan. Dengan penuh semangat para adik mengikuti satu demi satu rangkaian acara birena.

Semangat pagi dengan suasana taman yang begitu sejuk dan nyaman sangat mendukung dalam rangkaian kegiatan birena kali ini. Pelaksanaan pembinaan kali ini di mulai pukul 07.00 WIB, karena para pembina harus mempersiapkan seluruh keperluan pembinaan dan kedatangan adik yang telat 30 menit dari biasanya. Seperti biasanya pembinaan di mulai dengan kegiatan Reading Time  yang di pandu oleh seluruh Pembina birena. Kemudian, Circle Time  pun dilaksanakan di taman Al-Hurriyah yang di pandu oleh para remaja dan beberapa pembina. Setelah melaksanakan shalat dhuha seperti biasa para adik membentuk sebuah lingkaran kecil dan dimulailah pembacaan beberapa do’a. Tidak lama kemudiaan salah satu pembina birena meminta seluruh anak kelas VI SD untuk mengikuti orasi “anti rokok” yang didampingi oleh tiga anggota pembina lainnya.
Pada pukul 07.45 WIB kegiatan senam pagi pun dimulai, seperti biasanya para adik dengan antusias mengikuti senam pagi ini dengan sedikit candaan polos mereka yang membuat suasana senam pagi ini begitu gembira.  Pukul 08.30 WIB, kegiatan senam pagi berakhir dan dilanjutkan dengan kegiatan Biru yang di pimpin oleh satu atau dua pembina setiap kelasnya. Sementara itu untuk biru remaja masih di isi dengan Pelatihan Komputer. kegiatan ini berlangsung selama satu jam yang kemudian dilanjutkan istirahat selama 15 menit. Pada pukul 09.45 WIB kegiatan Biah pun berlangsung, seperti biasa kegiatan ini di pimpin oleh tim kurikulum, para adik dibariskan sesuai dengan kelompoknya yaitu kelompok Iqro, An-Naba dan Al-Qur’an masing-masing kelompok di pegang oleh satu Pembina. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 10.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan Kreativitas.
            Hmm, sepertinya kreativitas kali ini agak berbeda dari minggu sebelumnya yang selalu identik dengan makanan heheheJ Ya pada Minggu ini kreativitas diisi dengan berkebun. Dengan peralatan yang seadanya, para adik pun siap untuk memposisikan peran mereka dalam kegiatan berkebun tersebut. Alhasil berbagai macam tanaman yang mereka tanam menambah koleksi tanaman di kebun kecil yang terletak di sebelah kiri taman Al-Hurriyah. Meskipun cuaca pada hari itu sangat panas dan waktu pun telah menunjukkan pukul 11.00 WIB, namun semangat para adik masih terlihat dalam bentuk canda dan tawa mereka yang spontan  mereka inprementasikan. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 11.30 WIB, para orang tua telah berjajar di depan Aula untuk menjemput anak-anak tercinta mereka dan dengan riangnya para adik pun menghampiri para orang tuanya.
            Sementara itu, adik birena yang mengikuti orasi sampai di Aula pada pukul 12.30 WIB kemudian mereka langsung pulang bersama orang tua mereka. Seperti biasanya setelah kegiatan pembinaan ada kegiatan evaluasi pembinaan yang dilaksanakaan setelah shalat Dzuhur dan makan bersama. Pada Minggu ini, tidak hanya evaluasi pembinaan saja tetapi dilanjutkan dengan rapat bulanan dan kepanitian IYC. Diawali dengan bismillah, pembacaan tilawah dan tausiyah evaluasi pun dimulai. Berbagai macam kritikan dan saran yang disampaikan oleh beberapa pembina menjadi masukan tersenderi untuk membentuk sebuah perubahan yang jauh lebih baik untuk kegiatan pembinaan birena kedepannya. Setelah melakukan evaluasi, rancangan kegiatan pembinaan selama satu bulan kedepan pun disusun dengan detail dan lengkap dengan penentuan penanggung jawab disetiap kegiatan. Begitu pun dengan rancangan susunan acara kegiatan IYC yang dirancang sedemikian rupa hingga akhirnya menentukan berbagai tugas untuk setiap divisinya. Itulah segelintir cerita kegiatan pembinaan Minggu ini. Semoga di Minggu terakhir di bulan Maret ini tidak menutup kemungkinan untuk terus melakukan sebuah perubahan dan semangat baru untuk terus memberikan apresiasi yang bermanfaat untuk adik maupun pembina. ^^
Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s