Ahadan, 4 Maret 2012

Mentari pagi mulai menghangatkan bumi dan memancarkan sinarnya di ufuk timur. Minggu pertama di bulan Maret ini di buka dengan kegiatan yang luar biasa bermanfaat sekali. Langkah adik-adik birena serta antusiasme para Pembina birena menjadi sebuah cerita yang menghiasi minggu ini. Aula Al-Hurriyah menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ini. Memasuki markas birena,
telihat berbagai macam kegiatan yang di lakukan oleh adik dan Pembina birena. Briefing dari kurikulum yang di lanjutkan dengan pembagian materi yang akan di sampaikan kepada adik birena. Reading time menjadi acara pembuka birena, kegiatan ini di pandu oleh seluruh Pembina birena. Cyrcle time merupakan pelaksanaan Shalat Dhuha secara bersama-sama oleh adik yang di pandu oleh remaja dan Pembina, kemudian lantunan do’a mulai dibacakan oleh adik birena.

Kegiatan Senam Pagi merupakan acara yang tidak pernah terlewatkan dalam pembinaan birena. Senyuman yang tersungging dari para adik dan Pembina kian mewarnai pagi hari ini. Gerakan demi gerakan terus mereka lakukan dengan gembira. Gerakan senam birena terbilang cukup sederhana dan sangat mudah untuk diikuti oleh para adik, hingga akhirnya gerakan ini banyak disukai.
Waktu menunjukan pukul 08.30 WIB, dengan cepatnya para adik mengambil tempat yang nyaman untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya yaitu ”Biru”. Melihat antusiasme dan semangat para adik, membuat Pembina terdorong untuk lebih bersemangat lagi.  Penyamapaian beberapa materi dari Pembina kepada adik serentak di laksanakan dalam waktu yang bersamaan dengan masing-masing kelas di pegang oleh dua Pembina. Setelah kegiatan biru selesai kemudian di lanjutkan dengan istirahat. Waktu istirahat ini dimanfaatkan untuk membuka makanan dari rumah ataupun hanya sekedar membeli jajanan yang di bawa oleh adik yang sengaja membawa makanan untuk di jual.
Sementara itu, kegiatan di markas pun cukup sibuk, terlihat beberapa Pembina yang sedang asyik menyiapkan menu makan siang untuk para Pembina. Waktu istirahat pun telah habis, kemudian para adik dibariskan sesuai dengan kelompoknya yaitu kelompok Iqro, An-Naba dan Al-Qur’an. Kegiatan Biah pun di mulai masing-masing kelompok di pegang oleh satu Pembina. Kegiatan ini berlangsung selama setengah jam dari pukul 09.45-10.30 WIB. Kegiatan selanjutnya Kreativitas, kali ini para Pembina membuat makanan yang berbahankan dari tahu dan kulit lumpia. “Martabak tahu” nama dari makanan ini, makanan ini kemudian di bagikan ke para adik. Kemudian, pembacaan doa segera dibacakan sebagai akhir dari kegitan pembinaan minggu ini. Tepat pukul 11.30 WIB, para adik pun dengan gembira menghampiri para orang tuanya yang telah menunggu mereka.
         Sementara itu, para Pembina berkumpul di markas untuk melaksanakan Evaluasi Pembinaan minggu ini. Evaluasi pun dihentikan sejenak untuk melaksanakan shalat dzuhur, setelaah shalat dzuhur para Pembina pun menyantap makanan yang telah di persiapkan oleh para Pembina yang lain. Hmm, sepertinya ada yang berbeda dari menu makan siang minggu ini, ya santapan makanan yang cukup menggugah selera makan. Kurang lebih 40 butir cabai dipadukan dalam racikan sambal yang menjadi pelengkap makan siang kami. Sensasi pedas membuat para Pembina terpontang-panting mencari air minum. Kejadian tersebut tentunya mambawa manfaat, dalam palaksanaan evaluasi biasanya rasa ngantuk menghampiri namun kali ini bisa mengikuti kegiatan evaluasi dengan baik.  Kemudian evaluasi pun kembali dilanjutkan dan membentuk susunan kegiatan pembinaan di minggu depan. Semoga berbagai kegiatan pembinaan birena yang telah dilaksanakan minggu ini bermanfaat dan menjadi cerminan untuk melakukan sebuah perubahan di minggu-minggu selanjutnya, aamiin. ^^
Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s