Studi Banding Birena Al Hurriyyah IPB ke Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok, Yayasan Bina Insan Mandiri

Foto pengurus Birena bersama pimpinan Sekolah Master, Sabtu
(26/5). Tampak kiri ke kanan: Agy, Reza, Zainal, Nurrochim,
Nanda, Adah, Farah.

Oleh: Agy Wirabudi Pranata1
1│Kepala Sekolah Birena 2012

Menjadi lebih baik, inilah cerita yang akan diusung untuk Birena Al-Hurriyyah IPB dalam studi banding ke sekolah informal Yayasan Bina Insan Mandiri (Yabim) di kota Depok, pada Sabtu, 26 Mei 2012. Kegiatan ini merupakan kegiatan studi banding pertama yang dilakukan oleh Birena. Tujuannya adalah untuk menggali sistem pendidikan yang baik dari Yayasan Bina Insan Mandiri atau lebih dikenal dengan Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok untuk diterapkan di Birena. Studi banding diikuti oleh Agy Wirabudi Pranata selaku Kepala Sekolah Birena 2012, Zainal Fathur Rohman selaku Sekretaris Bidang Hubungan Luar dan Multimedia (Humed) 2012 sekaligus koordinator acara studi banding, serta pengurus Birena lainnya, yaitu Azfar Reza Muqofa, Siti Adah, Mutiara Nanda, dan Farah Syahidah Cahaya.

Perjalanan dari Bogor menuju kota Depok ditempuh tidak terlalu lama karena memang jarak antara Bogor-Depok tidak terlalu jauh. Kedatangan rombongan dari Birena disambut baik oleh pengelola sekolah, Bapak Nurrochim dan rekan-rekannya. Bapak Nurrochim sendiri merupakan pendiri Sekolah Master Depok.

“Berdirinya sekolah ini dilakukan dengan pengorbanan waktu, tenaga, maupun uang. Namun, modal utamanya adalah silaturrahim  dengan teman–teman dan selalu terbuka untuk bekerja sama,” tutur Bapak Nurrochim saat berdiskusi.

Pengajarnya pun merupakan sukarelawan yang didominasi oleh mahasiswa dari Universitas Indonesia. Layaknya seperti sekolah-sekolah formal lainnya, Sekolah Master memiliki struktur kepengurusan, yaitu ada ketua, sekretaris, bendahara, dan bagian koordinasi yang terdiri dari keaksaraan fungsional, PAUD, Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA, kelompok belajar usaha, taman bacaan masyarakat Balitbang, kurikulum, kelas akademik, desain grafis, bisnis, lukis, musik, dan batik. Bagian koordinasi inilah yang unik dan berbeda dari sekolah-sekolah lain. Sehingga tak heran lagi jika anak-anak Master ini mempunyai keahlian dan keterampilan yang banyak. Dan luar biasa, ternyata lulusan-lulusan setaraf SMA dari sekolah tersebut tiap tahunnya mampu melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia dan bahkan ada yang ke China, Mesir, dan Inggris.

Setelah beberapa saat berdiskusi dengan pengelola sekolah Master, Birena diberi kesempatan untuk berkeliling melihat-lihat anak-anak Master yang sedang belajar. Di sana terdapat berbagai kelas, seperti kelas desain grafis, melukis, musik, batik, dan masih banyak lagi. Pembelajaran di sini dilakukan dengan sistem praktek secara langsung, terutama di bidang keterampilan sehingga anak-anak dapat dengan mudah menguasai materi yang diberikan.

Sebelum berpisah, Bapak Nurrochim menyampaikan beberapa pesan dengan menggebu-gebu, “Hal terpenting untuk mewujudkan suatu keberhasilan adalah fokus. Fokus dalam satu tujuan. Sebagai pengajar, harus bermodal jiwa yang ikhlas, jadikan anak-anak didik sebagai prioritas pertama dan utama, serta berdoa untuk kesuksesannya. Pendidikan adalah hal yang dibiasakan bukan hal yang dipaksakan, serta harus menjalin silaturrahim dan kerja sama sebanyak mungkin.”

Dahsyat! Sungguh pelajaran yang sangat luar biasa. Pertemuan dalam kunjungan studi banding ini ditutup dengan pemberian plakat kenang-kenangan oleh Kepala Sekolah Birena sebagai tanda ucapan terima kasih kepada Pimpinan Sekolah Master. Bapak Nurrochim sendiri memberikan hadiah kepada Birena berupa beasiswa penuh untuk sekolah di Miftahul Fallah Islamic Boarding School kepada dua adik terbaik Birena. Sekolah tersebut merupakan sekolah yang dikelola oleh Yayasan Bina Insan Mandiri.

Advertisements

One thought on “Studi Banding Birena Al Hurriyyah IPB ke Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok, Yayasan Bina Insan Mandiri

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s