Bukan Sekedar Pembagian Rapor

Oleh: Dika Rahmat Saepulloh

Bogor – Pembagian rapor merupakan momen yang sangat istimewa. Suka ataupun duka bisa tercipta saat pembagian rapor. Tapi tahukah kawan, ternyata pembagian rapor di Birena Ahad lalu (8/9) lebih istimewa dibandingkan yang lainnya.

Salah satu anggota bidang Kurikulum dan Kesiswaan (KK), Ira Zahara Nurwulansari mengatakan pembagian rapor Birena istimewa karena selain sebagai ajang evaluasi, acara ini juga dapat mempererat ukhuwah. Terciptanya komunikasi dua arah secara langsung antara pembina dengan orang tua adik memang merupakan momen yang sangat langka.
“Kita bisa mengenal keseharian anak dan orang tua di rumah. Sebaliknya orang tua juga dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan wali kelas kepada anaknya di Birena. Inilah yang mempererat tali silaturrahim,” ujar Ira.
Para orang tua pun menyampaikan terima kasihnya kepada Birena. Pasalnya, mereka mendapati adanya perubahan yang baik pada anak setelah mengaji di Birena. Akan tetapi hal tersebut sewajarnya tak dapat dicapai dengan kerja keras pembina saja, melainkan karena adanya kemauan pribadi dari anak dan pengawasan orang tua ketika di rumah.
Acara akbar ini juga dimanfaatkan pembina sebagai ajang sosialisasi macam-macam beasiswa yang ada di Birena. Selain menggratiskan biaya pembinaan, adik-adik yang yatim, tidak mampu, ataupun berprestasi layak mendapatkan beasiswa. Sementara ini sumber beasiswa adik berasal dari LAZ IPB, donatur, maupun hasil fundraising pembina.
Bendahara umum Birena, Isna Kurniati Afifudin mengatakan masih sulitnya menjaring penerima beasiswa adik. Data calon penerima beasiswa yang tidak lengkap atau akurat menjadi masalah utama.
“Kami butuh kerja sama antara orang tua adik dan pembina dalam keterbukaan data finansial. Data kontak juga dibutuhkan agar kita bisa saling berhubungan,” terang Isna di depan para orang tua adik.
Setelah tanya jawab terkait beasiswa usai, acara lalu ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Dika Rahmat Saepulloh. Selesai doa, adik, orang tua, serta pembina bersalaman dan saling meminta maaf. Indahnya ukhuwah yang terjadi hari itu semoga terus berlanjut hingga ajal menjemput. Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin.
Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s