Marah? Kenapa Tidak?

Terkadang marah (untuk menegur, red.) itu diperbolehkan, asal dilakukan dengan cara yang baik. (Foto: diperankan oleh Kakak dan Adik Birena)

Oleh: Fadhly Zul Akmal
*Ketua Bidang Program & Kajian Strategis (Prokas) 2013

Kesabaran memang kunci dari segala amalan kita, termasuk dalam mendidik seorang anak. Namun praktek memang lebih sulit daripada teori. Sering kita disuguhi nasihat agar sabar dalam mendidik anak atau tidak terburu-buru bertindak keras kepada anak. Tetapi pada kenyataannya banyak di antara kita tidak sabar membina dan mendidik anak. Sehingga tidak jarang kita sering mendengar berita kasus kekerasan pada anak.

Dalam pembentukan karakter anak, sikap memarahi juga perlu, karena berbagai macam sikap yang ditunjukkan orang tua dan pendidik akan memacu nalar mereka ketika mengambil keputusan. Anak akan berpikir apakah tindakan yang akan mereka lakukan membuat orang tua marah atau senang.

Namun sekarang kita tinggal memilih sikap apa yang mesti kita tunjukkan ketika tidak sabar. Memilih sikap tersebut perlu dilandasi iman dan bertindak semata-mata karena Allah. Menyikapi rasa ketidaksabaran dapat dilakukan dengan terus mengisi ruhani.

Hal yang perlu diperhatikan ketika marah:
– Marah karena Allah dan cinta kita pada anak. Kita  harus punya alasan yang kuat untuk marah, jangan sampai kita marah karena hal-hal yang sepele.
– Marah kita akan membentuk karakter anak. Sehingga  ketika marah perlu kita pikirkan dampaknya pada sikap anak selanjutnya.
– Marah perlu memilih kosakata yang baik. Kata-kata yang baik akan membuat anak mampu mengerti maksud marahnya kita.
– Marah, jangan lama. Hal ini untuk menghindari bisikan syaitan dan menjauhkan kita dari hasutan nafsu amarah.
– Marah, lalu kita bermuhasabah.Karena mungkin saja sikap anak yang membuat kita marah pada mulanya berawal dari sikap kita sendiri.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s