Belajar Berdakwah pada Anak

Wakil Ketua Magang, Dika (tengah) sedang memimpin perkenalan peserta magang kepada adik-adik Birena, Ahad (29/9).

Oleh: Yusuf Muhammad

Bogor – Keharusan berdakwah pada anak adalah sesuatu yang mutlak, sebab pada merekalah nasib bangsa ini kedepannya. Berdakwah pada anak juga bukan perkara mudah, oleh karena itu Birena mengadakan rangkaian kegiatan magang cara berdakwah pada anak. Magang dimulai pada Sabtu (28/9) dan berakhir pada Ahad (20/10).

Magang ini sendiri sebenarnya merupakan rangkaian acara dari Open Recruitment calon pengurus beberapa lembaga di DKM Al Hurriyyah. Pada saat yang sama, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dan Lembaga Pengajaran Qur’an (LPQ) juga melakukan magang.

“Dunia anak itu adalah dunia bermain, jadi kita harus selalu bersemangat ketika kita berada di lingkungan anak-anak,”  Zainal Fathur Rohman.

Wakil Ketua Magang Birena 2013, Dika Rahmat Saepulloh mengatakan bahwa konsep magang 2013 ini memang berbeda dibandingkan sepanjang tiga tahun sebelumnya. Selama tiga tahun sebelumnya magang dilakukan setelah adanya pengurus baru, akan tetapi pada tahun ini magang dilakukan selama proses seleksi pengurus baru.

“Kami ingin semua calon pengurus lembaga di Al Hurriyyah merasakan bagaimana proses berdakwah pada anak. Meskipun sebagian dari mereka nantinya akan masuk ke LDK atau LPQ,” ujar Dika.

Secara garis besar, magang dilakukan dalam dua tahap, yaitu perkenalan dan praktek. Pada sesi perkenalan terdapat penyampaian materi oleh Rizki Al Kindi, pengurus Birena terdahulu dan motivasi dari Azfar Reza Muqafa, Kepala Sekolah 2013 yang juga merupakan alumni adik dan remaja Birena. Kindi mengatakan bahwa terdapat tiga sunnatullah dakwah, yaitu menuntut pengorbanan, sedikitnya orang yang berjuang di dalamnya, serta panjangnya perjalanan dakwah. Dakwah pada anak merupakan shodaqoh jariyah karena objeknya merupakan para penerus umat. Keistiqomahan adalah faktor utama dalam keberlangsungan dakwah.

“Alhamdulillah, atas rahmat Allah saya bisa membaca Al Qur’an dan kuliah di IPB lewat perantara Kakak-kakak Birena. Kini saatnya kami meneruskan estafet dakwah itu,” Azfar Reza Muqafa.

Salah seorang peserta magang, Siti Maryati mengatakan bahwa Birena merupakan organisasi yang kompleks. Beliau yakin pejuang-pejuang dakwah baru akan muncul dan lebih mewarnai Birena.

“Dunia anak itu dunia yang amat mengesankan karena lewat anak-anak kita bisa berdakwah,” ujar Maryati.

Anak-anak tampak memperhatikan para peserta magang yang sedang memperkenalkan diri, Ahad (29/9).
Advertisements

14 thoughts on “Belajar Berdakwah pada Anak

  1. Istiqomah (berada dalam jalan yang lurus, red.) itu sulit, tapi itu harus..
    Istiqomah itu harus, tapi wajib pula dibarengi istimror..
    Apa itu “istimror”? Istimror adalah sesuatu yang dilakukan secara terus-menerus dengan adanya peningkatan kualitas.. 😀

    Like

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s