Pentingnya Mengajari Anak Mengaji Sejak Kecil

Crisna (kanan) tampak sedang mengajari adik Birena mengaji di Markaz Al Biruni.

Oleh: Muhamad Sobari1
1│Remaja Birena 2013

Ternyata belajar mengaji sejak kecil itu lebih baik daripada baru mulai belajar mengaji saat sudah dewasa. Saat masih kecil, daya ingat otak lebih baik sehingga akan cepat untuk menangkap sebuah materi. Daya otak tersebut juga akan lebih cepat menangkap bila dibiasakan untuk menghafal. Ketika kecil otak kita belum terbebani pikiran yang banyak sehingga akan lebih mudah untuk menghafal, apalagi untuk menghafal Al Quran.

Lima tahun pertama seorang anak mempunyai potensi yang sangat besar untuk perkembangan diri, yaitu sebesar 90%. Fisik otak anak pada usia ini juga sudah terbentuk. Masa-masa inilah anak-anak seyogyanya mulai diarahkan. Saat-saat keemasan ini tidak akan terjadi dua kali, sehingga sebagai orang tua yang proaktif kita harus memperhatikan benar hal-hal yang berkenaan dengan perkembangan sang buah hati, amanah Allah. Rasulullah juga memberitahukan betapa pentingnya/urgensi mendidik anak sejak dini. Sebuah hadits Rasulullah SAW artinya: Dan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka hanya kedua orang tuanyalah yang akan menjadikannya seorang Yahudi atau seorang Nasrani atau seorang Majusi.” (Muttafaq ‘alaih)

Makna dalam hadits di atas jelaslah bahwa setiap bani Adam yang terlahirkan di dunia ini dalam keadaan fitrah (dalam keadaan Islam). Sesungguhnya setiap bani Adam sebelum ia terlahirkan ke dunia (masih dalam kandungan), ia sudah berikrar dengan kalimat syahadat, yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Seorang anak menjadi Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi adalah karena peranan dari kedua orang tuanya.

Bagian otak yang berfungsi pada anak usia 0 sampai 6 tahun hanyalah otak bagian kiri yang berperan menangkap apa-apa yang ada di sekitarnya (masa-masa membeo), sedangkan otak yang berperan sebagai penyaring (otak bagian kanan) belum berfungsi. Ketika anak berusia 7-8 tahun, otak bagian kanan baru mulai berfungsi dan baru mampu membedakan mana yang boleh dan tidak, mana yang baik dan buruk. Orang tua yang ingin anaknya menjadi anak saleh tidak akan menyia-nyiakan masa ini (umur 5-9 tahun) untuk mengajari anak disiplin, tata pergaulan, rajin sholat dan mengaji, mengajari adab dan sopan santun, mengajari ilmu-ilmu terapan, dsb. Mengajari anak pada usia itu akan lebih mudah daripada mengajari anak jika telah menginjak usia remaja. Tak jarang orang tua akan menemukan pembangkangan dari anak ketika mereka sudah remaja. Ada peribahasa mengatakan, “Belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu dan masuknya ilmu semudah masuknya sesuatu ke dalam air. Belajar di waktu dewasa seperti mengukir di atas air dan masuknya ilmu sesulit mengukir di atas batu.”

Inilah pendidikan Islam sejak dini yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang tua zaman sekarang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Mereka lupa tanggung jawab yang besar, yaitu pendidikan mengenal Tuhannya atau pendidikan Islam yang merupakan faktor utama kemajuan sebuah bangsa. Sebuah bangsa akan maju jika umat manusia patuh kepada perintah Allah SWT. Kemajuan sebuah bangsa tidak akan tercapai tanpa ridho dari Allah SWT, seperti zaman keemasan saat Rasulullah SAW masih hidup kemudian diteruskan oleh para sahabatnya atau khulafaurrasyidin.

Yuk, ajarkan anak kita mengaji sejak usia dini!

Adik-adik ramai membentuk kelompok untuk belajar mengaji di Sakira (Pesantren Kilat Ramadhan) Birena 2013, Ahad (14/6).
Advertisements

5 thoughts on “Pentingnya Mengajari Anak Mengaji Sejak Kecil

  1. Pada hakikatnya belajar itu sepanjang hayat, dari kecil hingga liang lahat. Tapi memang ada waktu dimana potensi otak berkembang dengan baik, misal saat golden age. Kalau sudah terlanjur dewasa baru belajar (misal belajar membaca Al Qur'an), menurut saya itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Tapi ada konsekuensinya lebih sabar, lebih semangat belajarnya..

    Like

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s