Indahnya Dunia, Indahnya Akhirat, Karena Ilmu

Oleh: Abdul Azis │ Kabid Prokas Birena 2014

Ilmu merupakan kepunyaan Allah yang meliputi alam semesta dan seluruh rahasia dibaliknya, ia adalah petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan, penggambaran makna kekuasaan Allah, serta pemberi kemanfaatan bagi manusia di dunia dan di akhirat kelak.

Indahnya dunia ini…. (Ketika menuntut ilmu)

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya hingga semut di lubangnya dan ikan-ikan di lautan benar-benar bershalawat kepada pendidik yang mengajarkan kebaikan kepada manusia” (Rasulullah)

Kata-kata indah tersebut keluar dari lisan nan suci Rasulullah. Ia menunjukkan sebuah keutamaan dan motivasi menuntut ilmu bagi manusia. Seorang muslim mungkin sudah sering mendengar bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang islam.

Perjuangan dalammenuntut ilmu tidaklah ringan, ia juga dipenuhi olehonak dan duri. Tetapi dari sinilah sesungguhnya Allah menguji ketabahan seseorang dalam menuntut ilmu. Hal tersebut merupakan bentuk cinta Allahkepada kita, bahkan Allah sesungguhnya telah menjanjikan kemudahan jalan menuju surga bagi orang-orang yang berpergian menuntut ilmu.

Indahnya Akhirat itu… (Ketika menuntut ilmu)

“Tidaklah seorang laki-laki keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu, melainkan pasti Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga” (Rasulullah)

Allah akan terusmengiringi langkah-langkah orangyang menuntut ilmu. Dalam perjalanan menuntut ilmu tersebut, ilmu tidak akan pernah berkurang, malah sebaliknya ia akan terus bertambah. Sebaliknya Allah akan sangat murka ketika ilmu yang didapatkan, ilmu yang dimiliki, atau ilmu yang diperjuangkan ternyata disembunyikan. Pada hari kiamat kelak orang berlaku seperti yangdisebutkan itu, maka mulutnya akan dipasang kendali dari api neraka.

Ilmu memang tak sepantasnya untuk disembunyikan. Justru dengan mengamalkan ilmu kita akan lebih memahami ilmu tersebut. Ini merupakan bentuk kecil dari keberkahan dan kemudahan dari Allah. Selain itu dengan mengamalkan ilmu, akan banyak orang yang membawa pengetahuan dan akan banyak pula orang-orang yang Allah cintai. Bumi akan semakin ringan tersenyum menopang orang-orang berilmu lagi Allah cintai. Langit-langit akhirat tersenyum akan kedatangan orang-orang baik lagi Allah cintai.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s