Jaulah = Penting!

Oleh: Fadhly Zul Akmal

Bogor – Salah satu pelajaran penting yang didapatkan Birena dari studi banding ke PAS dan KARISMA Masjid Salman ITB tahun lalu adalah membangun segitiga emas antara binaan, pembina, dan orang tua binaan. Apabila ketiga sudut segitiga itu dapat berkoordinasi dengan baik, maka in syaa Allah akan terwujud sistem edukasi yang mampu menyeimbangkan antara pendidikan di lembaga pengajaran dengan lingkungan tempat tinggal binaan.

Sebagai lembaga yang terus berkonsisten melakukan pembinaan amak-anak dan remaja di sekitar kampus IPB, Birena Al-Hurriyyah IPB ingin mewujudkan sistem segitiga emas tersebut. Keterikatan binaan dengan pembina diusahakan terus terwujud ketika ahadan dan kontrol lewat media komunikasi saat hari-hari biasa. Sedangkan ikatan dengan orang tua diwujudkan melalui forum orang tua (ForTu) dan jaulah adik.

Sebenarnya sistem tersebut telah lama dicanangkan oleh Birena, namun untuk program ForTu dan jaulah sering terkendala oleh waktu dan kesibukan pengurus sebagai mahasiswa. Pada tahun ini dengan jumlah SDM yang cukup dan penjadwalan yang baik, diharapkan kedua program ini sukses terlaksanakan.

“Meskipun seadanya, saya sangat senang ada kakak-kakak Birena yang main ke rumah, bapak dan umi juga senang karena jarang ada orang jauh-jauh datang cuma buat silaturrahim aja”, ujar Sandi Winata, salah satu remaja binaan Birena. Siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan tersebut juga mengungkapkan keinginannya agar mendapat banyak informasi perkuliahan saat kakak-kakak Birenaberkunjung.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang walikelas remaja Birena, Catur Mardhiko, “Jaulah itu sangat banyak manfaatnya, salah satu manfaatnya ialah kita tahu kondisi binaan kita di rumah, serta kondisi keluarganya seperti apa, diharapkan jika suatu saat ada binaan yang memiliki permasalahan dirumahnya, Birena dapat membantu menarikan solusinya”.

Dalam mewujudkan cita-cita yang mulia, memang harus mengorbankan banyak waktu dan biaya. Semoga program-program yang telah direncanakan oleh Birena mampu terlaksana dengan baik, dan pada akhirnya mampu mewujudkan sistem pendidikan segitiga emas yang berkelanjutan.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s