Generasi Penerus Bangsa

Pelepasan Peserta Birena Super Camp

Oleh: Yusuf Muhammad1
1 Ketua Bidang PSDM 2014

Remaja memiliki potensi sebagai generasi penerus dakwah. Demi menciptakan generasi penerus dakwah yang militan upaya penggemblengan haruslah dilakukan. Tak ayal Birena bertekad mewujudkan hal tersebut dalam acara yang bertajuk “Birena Super Camp 2014”. Birena Super Camp 2014 dilaksanakan di Gunung Bunder, TNGHS pada hari Sabtu-Ahad (10-11/5).

Secara garis besar, acara ini menggabungkan tiga aspek penting, yaitu ruhiyyah, fikriyyah, dan jasadiyyah. Aspek ruhiyyah merupakan aspek yang harus selalu ada dalam setiap kegiatan, sebab setiap kegiatan yang diiringi dengan ruhiyyah akan menjadi sebuah ibadah. Lebih khusus lagi aspek ruhiyyah ditunjukkan pada acara sholat dhuha, sholat wajib berjamaah, membaca al-ma’tsurot bersama, Qiyamullail, dan adanya ‘amalan yaumiyyah. Sementara itu aspek fikriyyah ditekankan pada acara-acara seperti mentoring, kreativitas, hafalan Al-Qur’an, maupun Games. Sedangkan aspek jasadiyyah dipakai hampir di setiap kegiatan, khususnya saat olahraga dan outbond.

Ketua pelaksana, M. Hidayat Catur Mardiko mengatakan acara ini dikhususkan untuk remaja putra dan putri Birena Al-Hurriyyah IPB. Beliau berharap para remaja termotivasi dalam menuntut ilmu serta terbentuknya karakter dan kepribadian remaja muslim yang tangguh.

Suasana Outbound

“Mengapa acaranya kemping? Karena selain untuk tadabur alam, kita akan lebih mengenal karakter seseorang ketika kita melakukan kemping bersama di alam. Sehingga, ukhuwah antar remaja maupun remaja dengan pembina (diharapkan) semakin erat,” jawab Catur ketika diwawancarai, Rabu (14/5).

Tak terlewat pada kesempatan kali ini tercipta pula deklarasi “Mimpi Remaja Birena 2014”. Deklarasi mimpi remaja terdiri dari 10 poin yang berisikan misi dan visi remaja Birena selama belajar di Birena maupun setelah mereka lulus. Ada pula orasi kepemudaan yang dibawakan oleh Yusuf Muhammad dalam apel Ahad pagi. Dalam orasinya Yusuf mengatakan bahwa ada 4 tipe pemuda Indonesia, yaitu: 1) mereka yang cerdas tetapi tidak peduli; 2) mereka yang peduli tetapi tidak cerdas; 3) mereka yang tidak cerdas dan tidak peduli; dan 4) mereka yang cerdas dan peduli. Tentu harapannya remaja Birena menjadi pemuda yang cerdas lagi peduli terhadap nasib bangsa.

Selama acara para remaja terlihat sangat antusias meskipun banyak kendala seperti hujan lebat yang sering kali membasahi bumi perkemahan. Hal itu ditunjukkan dengan tetap bersemangatnya para remaja mengikuti kegiatan hingga akhir acara.

Maapin kita ya mbak, kita banyak salah. Kita juga belum bisa disiplin. Lain kali adakan lagi ya mbak. Kita senang sekali banyak ilmu yang bisa didapetin kemarin. Kita juga sayang kakak-kakak Birena,” ujar Melisa salah seorang remaja akhwat ketika diwawancarai, Senin (12/5).

Advertisements

3 thoughts on “Generasi Penerus Bangsa

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s