Birena Terapkan Pendidikan Berbasis Pengembangan Karakter

Oleh: Crisna Murti [1]
[1] Anggota Bidang Kurikulum dan Kesiswaan (KK) 2014, Mahasiswa IKK 49

Pendidikan di Indonesia baru-baru ini dikenalkan dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013. Kurikulum tersebut menekankan pada nilai-nilai karakter, semisal peduli, simpati, tolong menolong, amanah, dsb. Diberlakukannya kurikulum 2013 bukannya tanpa sebab. Krisis moral menjadi penyebab paling fundamental terciptanya kurikulum 2013.

Birena Al-Hurriyyah sudah menerapkan sistem pengajaran yang menekankan pada pengembangan karakter adik sejak awal terbentuknya Birena tahun 1999. Sistem tersebut terus berkembang hingga sekarang. Kegiatan Biru (Bina Ruhaniyah) ialah salah satu kegiatan tempat adik-adik dapat berekspresi, saling diskusi, serta berpendapat sesuai dengan arahan pembina dan materi Ahadan. Biru (Bimbingan Ruhaniyah) disandingkan dengan materi Biah (Bimbingan Quraniyah) terkait materi pembinaan supaya adik bisa lebih mencintai apa yang menjadi pedoman hidup seorang muslim, yaitu Al-Quranul Karim.

Organisasi yang penuh keceriaan ini juga berupaya mengembangkan minat dan bakat. Birena rutin mengadakan ekstrakulikuler dan  kreativitas baik untuk anak-anak maupun remaja. Lewat dua kegiatan tadi diharapkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adik Birena dapat meningkat. Hal tersebut berdampak positif bagi tugas perkembangan adik Birena.

Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkarakter penting bagi bangsa yang besar. Cara terbaik membentuk SDM yang berkarakter adalah dengan mendidik dan memberi teladan yang baik sejak dini. Pepatah mengatakan bahwa mengajarkan anak kecil bagai menulis di atas batu, akan selalu membekas. Sedangkan mengajarkan orang dewasa bagai menulis di atas air, tidak akan pernah membekas.

Dostoyevsky’s Brothers Karamozov mengungkapkan mengenai pendidikan dimulai sejak anak-anak, “Kamu harus tahu bahwa tidak ada satu pun yang lebih tinggi, atau lebih kuat, atau lebih baik, atau lebih berharga dalam kehidupan nanti, daripada kenangan indah, terutama kenangan manis dari masa kanak-kanak. Kamu mendengar banyak hal tentang pendidikan, namun beberapa yang indah, kenangan berharga yang tersimpan sejak kecil, mungkin adalah pendidikan yang terbaik. Apabila seseorang menyimpan banyak kenangan-kenangan indah tersebut, maka seluruh kehidupannya akan terselamatkan. Bahkan apabila hanya ada satu kenangan indah yang tersimpan dalam hati kita, maka kenangan-kenangan indah yang tersimpan dalam hati kita, maka kenangan tersebut dapat memberikan kita satu hari untuk keselamatan kita.”

Konsep pembinaan Birena Al-Hurriyyah IPB merupakan role model kurikulum yang baik untuk membentuk generasi anak Indonesia yang berkarakter. Akan tetapi, dibutuhkan pula kesabaran, keistiqomahan, serta keikhlasan pembina Birena agar dapat  mencetak bukan  hanya generasi cerdas namun juga generasi yang berkarakter.

Wallahu a’lam.

Advertisements

2 thoughts on “Birena Terapkan Pendidikan Berbasis Pengembangan Karakter

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s