Ahadan, Nutbi, dan Ranking 1

Oleh : M. H. Catur Mardiko | Staff Bidang Prokas Birena 1435 H

Minggu, 9 November 2014

Ahad yang menyenangkan. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk disampaikan kepada semua pembina maupun adik dan remaja birena hari ini. Pembinaan ahadan Birena selalu meninggalkan cerita yang menarik. Kegiatan rutin ini mampu memberikan kesan tersendiri bagi Birena’ers (semua keluarga Birena).

Pagi ahad yang cerah menyambut awal pembinaan dengan baik. Remaja mengawali aktivitas ahadan dengan sholat dhuha dan Al ma’tsurat bersama. Kemudian dilanjutkan dengan sesi SMT (Sharing and Motivation Training) oleh Kak Dika. Motivasi hari ini bertemakan tentang ketangguhan kerajaan Turki Ustmani yang mampu menaklukan Konstatinopel yang kala itu dipimpin oleh raja Sultan Muhammad Al Fatih, pemuda berusia 21 tahun yang luar biasa.

Para adik pun tak mau kalah, mereka memulai ahadan dengan Cimomon(candy morning motivation) dan Circle Time (sholat dhuha dan do’a bersama). Kemudian dilanjutkan games galasin dan main bola untuk adik ikhwan dan main karet untuk adik akhwat. Inilah yang dinamakan olahraga gembira. Walaupun bermain, tapi tujuannya adalah untuk mengajak adik berolahraga pagi supaya sehat. Ini menggantikan kegiatan senam Birena agar adik tidak bosan.

Games pembinaan pada ahad ini berbeda dari sebelum-sebelumnya. Kali ini remaja diputar otaknya untuk mengikuti “Rangking 1”. “Sekarang kita akan main games di dalam ruangan, selain agar lebih kondusif, kita juga bisa banyak belajar pengetahuan”. Terang Kak Hilmi sebagai mc kali ini. Pertanyaan demi pertanyaan seputar sirah nabi dan fiqih terus dilontarkan oleh Kak Catur kepada para remaja dan dengan antusias dijawab dengan cerdas. Namun, karena di sesi pertanyaan terakhir tidak ada satupun yang berhasil menjawab, permainan dilanjutkan dengan adu cepat dan benar menulis kalimat basmallah dalam tulisan arab. Akhirnya diperoleh juaranya adalah Yusup Maulana untuk ikhwan dan Aldini untuk akhwat. Selamat…..

Setelah itu, BIRU & BIAH pun dimulai. Inilah yang dinanti-nantikan dalam setiap ahadan karena merupakan inti dari pembinaan di Birena. BIRU (Bina Ruhiyah) dan BIAH (Bina Qur’aniyah) adalah produk utama yang selalu diberikan pada binaan Birena, baik adik maupun remaja. Seperti biasa, mereka tergabung dalam kelompok dengan pembina/wali kelas masing-masing. Materi kali ini tentang perilaku terpuji bagi kelas ibtida awal, dzikir dan do’a kelas ibtida tsani dan ma’rifatullah bagi kelas tsanawi. Semuanya begitu bahagia mampu saling belajar dan mengajarkan.

Hasil kreasi remaja Birena

Tak lupa belajar, tak lupa pula berkreasi. Itulah yang dilakukan remaja Birena kali ini. Agenda Nutbi (Nutrisi Birena) disambut hangat oleh para remaja untuk mengeluarkan kreatfitasnya membuat rujak buah atau biasa disebut lutis. Selain rasa, penampilan pun dijadikan perlombaan bagi mereka untuk menunjukan siapa rujak yang terbaik diantara mereka. “Gak nyangka, ternyata rujak kelompok kami yang juara kak.” Seru Ahmad, remaja Birena.

Yap, hari ini adalah ahad yang luar biasa. Allah telah memberikan kenikmatan kepada kita semua dalam pembinaan kali ini. Ilmu pengetahuan, kreatifitas hingga olahraga dan pembelajaran Al Qur’an menghadirkan kebahagiaan yang tidak ternilai harganya. Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam.

Salah satu kelompok remaja ikhwan dengan hasil kreasi rujaknya
Para kelompok remaja akhwat tengah serius membuat kreatifitas rujaknya
Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s