Muslim Superhero: Inner Motivation Keteladanan Anak-anak dan Remaja

Oleh: Zainal Fathur Rohman [1] dan Abdul Aziz [2]
[1] Kepala Sekolah Birena Al-Hurriyyah IPB 2014
[2] Kepala Bidang Program dan Kajian Strategis (Prokas) 2014

“Selamat Hari Pahlawan dan Kembali Kita Mengingat, Mengambil, Mengamalkan Inspirasi Teladan Para Pahlawan yang Tiada Tandingannya”

Anak-anak dan remaja Islam kini sangat menyukai kisah bernuansa kepahlawanan seperti superman, batman, iron man, dragon ball, ultraman, power rangers serta yang sedang mengetren adalah mahabarata dan masih banyak lagi tokoh-tokoh superhero maya lainnya yang dibanggakan mereka. Fakta menunjukkan bahwa film superhero yang tayangkan di layar televisi sangat digemari oleh anak-anak dan remaja sampai-sampai sholat ditunda-tunda jika jam tayangnya bentrok dengan jam sholat. Mirisnya lagi sosok superhero versi barat lebih dikenal dan diidolakan dibandingkan superhero yang secara nyata ada dan memiliki kisah perjuangan yang menginspirasi dari akhlak dan suri teladannya, yakni superhero kita, Nabi Muhammad saw.

Film atau kisah pahlawan ini memang bagus karena mampu melecutkan naluri kepahlawanan mereka untuk peduli dan menolong kebenaran. Namun, sangat disayangkan film dengan kisah tersebut hanyalah fiksi belaka dapat dikatakan juga “pembohongan”. Hal kritis untuk disayangkan dari film atau kisah tersebut yaitu tidak bernuansa islami bahkan umumnya mengandung unsur-unsur pornografi, selain itu justru mengajarkan balas dendam, kekerasan dan arogan. Sebagaimana paper Sarah Lamb yang berjudul “Superheroes and Slackers: Limited Media Representations of Masculinity for Boys” menyatakan, “that superhero comics may not be the best image for boys to see if society wants to promote kinder, less stereotypical male behaviors“. Seorang profesor kesehatan mental University of Massachusetts-Boston tersebut berpendapat juga bahwa banyak perbedaan antara tokoh pahlawan masa lalu dengan era Hollywood, yakni tokoh superhero sekarang banyak menggunakan aksi kekerasan guna menghadirkan identitas diri sebagai pembela, selain itu juga dikatakan bahwa kisah superhero kini mengajarkan anak menjadi sosok pahlawan atau pemalas. Fakta ini menunjukkan semakin buruknya sajian tokoh-tokoh pahlawan atau superhero yang dibuat-buat.

Bisa saja apa yang dibaca, dilihat atau ditonton dari kisah superhero barat itu menjadi teladan bagi anak-anak dan remaja dalam kehidupan sehari-harinya. Keteladanan yang buruklah yang mudah dicerna oleh anak-anak dari kisah superhero barat, karena juga minimnya pengawasan dan pembimbingan orang tua, sehingga terpancarlah akhlak tercela. Oleh sebab itu, anak-anak dan remaja perlu disajikan kisah-kisah atau film superhero yang bernuansa islami serta memang benar terjadi. Sehingga memiliki inner motivation yang kuat. Banyak sekali kisah-kisah islami yang jauh lebih mendidik dari sekadar film atau kisah yang digandrungi remaja dan anak-anak masa kini. Ada kisah para nabi, kisah sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kisah para ulama Islam ataupun para ilmuwan Islam, dan masih banyak lagi kisah kepahlawanan superhero muslim yang sangat bagus untuk disajikan dalam bentuk komik, film, atau lainnya kepada anak-anak dan remaja Islam. Sebagaimana pula telah dikuatkan dalam QS. Huud:120 “Dan semua kisah dari Rasul-rasul kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu, dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang beriman”

Sumber:
Al-Qur`an
American Psychological Association. 2010. Today’s Superheroes Send Wrong Image to Boys, Say Researchers. [terhubung berkala]. www.apa.org (diakses pada tanggal 6 November 2014)

Advertisements

2 thoughts on “Muslim Superhero: Inner Motivation Keteladanan Anak-anak dan Remaja

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s