Sekilas Pengingat Bagi Para Pendidik

Oleh: Roxalana Fikren Taufik1
1
Staf Bidang Prokas 2014

Menyelisik seberkas perjalanan hidup hari kemarin. Terasa begitu banyak yang terus berubah dan mengalami peningkatan juga penurunan. Baik segi amalan, fisik, fikriyah, juga segala potensi diri dan motivasi. Agaknya ini hal yang biasa menjadi riak dalam kehidupan. Akan selalu ada titik curam dalam grafik kehidupan yang sedang kita jalani ini hingga ajal datang barulah grafik itu lurus tanpa riak.

Saya bukan penulis yang cukup handal menggambarkan kondisi-kondisi kekinian para pejuang dakwah. Saya hanya punya sudut pandang yang bisa benar dan bisa salah. Bukan evaluasi ruhiyah yang akan saya tekankan dalam tulisan ini karena tentu sebagai pendidik berbasis Islami kita semua mesti tahu bahwa menjadi pendidik mempunyai konsekuensi untuk selalu menjaga amalan wajib dan sunah. Namun yang akan saya sedikit saja ulas lebih dalam hal-hal yang kadangkala masalah namun hanya berlalu begitu saja di hadapan mata.

Saya punya anggapan bahwa semangat mendidik pun ada saatnya turun dan saatnya naik. Sering kali sesama pengajar terlalu fokus dengan materi atau malah sekedar kehadirannya di depan anak didiknya. Ada hal-hal krusial yang terlewati tepat di hadapan mata. Beberapa yang bisa saya sampaikan, yaitu:

  1. Memotivasi pengajar yang lain ketika ke-futur-an teman sejawat menerpa sering kali terlupakan dan dianggap lalu begitu saja. Terlupa bahwa motivasi bagi sesama pengajar adalah hal penting yang akan membangkitkan “bunga yang layu”. Lebih mementingkan tanggungan sendiri dan menganggap diri lebih sibuk dari yang lain. Pendidik, Pengajar, Pembina, Murabbi, apapun namanya, kita mempunyai kewajiban untuk saling menyemangati bukan? Meski kita merasa sibuk, kesibukan kita sebagai pembina tentu belum sebanding dengan kesibukan terdahulu kita yang sepak terjangnya kita ketahui barangkali lebih baik dari kita. Lupa atau melupakan untuk saling memotivasi sesama pengajar tentu akan sama dengan membiarkan bunga yang layu mati. Sehingga perlu diingat juga bahwa memotivasi bukan sekedar tugas satu dua orang, tapi tugas bersama.
  2. Kualitas kita dalam mendidik atau menanamkan nilai ketika mengajar adalah hal penting yang harus terus kita perbaiki terus menerus. Harus selalu ada evaluasi bagi para pembina atas bentuk pengajaran yang telah ia lakukan selama sebulan. Meminta anak didik untuk mengevaluasi cara kita mengajar bukanlah hal yang harus dianggap tabu. Tentu yang merasakan bentuk pengajaran kita adalah anak didik kita, sehingga hal yang biasa apabila kita meminta masukan dari para anak didik untuk memberikan masukan. Menanyakan bentuk pengajaran seperti apa yang mereka senangi juga salah satu cara untuk melekatkan ukhuwah dengan anak didik, terutama ini akan membuat anak didik lebih mudah menerima materi dari kita.
  3. Ada yang sadar bahwa penampilan sama pentingnya dengan pembawaan ketika mengajar. Ada pula yang merasa pembawaan jauh lebih penting dari pada penampilan semata. Saya tekankan bahwa penampilan bagi anak didik adalah jendela untuk membangun profil kita di hadapan anak. Dengan penampilan kita dapat memperlihatkan kesiapan kita mengajar. Meyakinkan keseriusan dan kemapanan kita dalam menyampaikan materi. Menggambarkan karakter diri kita di hadapan anak didik. Dan banyak lagi pentingnya penampilan yang barangkali belum mampu saya sampaikan. Tapi saya tekankan lagi, penampilan itu sungguh penting!

Sekianlah hal-hal yang setidaknya bisa saya sampaikan sebagai pengingat untuk diri sendiri dan para saudara seiman. Semoga apa-apa yang telah saya sampaikan bisa menjadi manfaat bagi kita semua yang sekaligus dapat terus meningkatkan kapasitas diri kita sebagai pembina. (RFT)


Tentang Penulis:
Roxalana Fikren Taufik merupakan mahasiswa Departemen IKK Fema IPB angkatan 2012. Beliau menjadi pengurus Birena sejak tahun 2014. Saat ini beliau menjabat sebagai staf Bidang Prokas (Program dan Kajian Strategis) 2014.

Advertisements

3 thoughts on “Sekilas Pengingat Bagi Para Pendidik

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s