Siapapun Akhirnya

Edisi Muktamar 1436 H
Suara Birena

Siapapun Akhirnya

■ Roxalana Fikren Taufik
Staf Bidang Prokas 2014


Assalamu’alaikum wr. wb.

Menjelang pemilihan kepsek baru, saya merasa sedikit tergerak untuk menulis. Bagi saya embanan amanah sebagai kepsek adalah kategori amanah yang jauh lebih berat dari sekedar amanah untuk memimpin. Selain menjadi contoh bagi para staf, kepsek juga menjadi contoh bagi para pemimpin bidang. Beratnya amanah bukan lantas mewajibkan yang menjadi kepsek haruslah insan yang dianggap paling sempurna. Amanah bukan tentang pantas atau tidak, tapi tepat atau tidak. Ketika yang menentukan adalah ketepatan bukan kepantasan, maka akan selalu ada kemungkinan orang yang kita yakini terpilih jadi tidak terpilih. Mengapa? Sebab bisa jadi kita berpikiran tentang kepantasan, bukan ketepatan.

Tentu apa yang saya tulis pada paragraf sebelumnya adalah buah pikiran sekaligus opini saya tentang cara saya memandang amanah. Bagaimana suatu organisasi ini dapat berjalan dengan baik, tentu bukan hanya karena pemimpinnya. Akan tetapi berjalannya organisasi dengan baik juga bukan lantas tanpa adanya pengaruh dari pemimpin. Maka karena posisi pemimpin tertinggi dalam setiap organisasi adalah hal krusial, banyak-banyaklah kita berdoa. Agar siapapun yang terpilih direndahkan hatinya. Siapapun yang terbebani oleh amanah ini, dikuatkan mentalnya. Siapapun yang akhirnya menjadi wadah bagi Birena, dimuatkan pikirannya untuk selalu memikirkan Birena. Siapapun yang akhirnya menjabat, dimampukan untuk menambah amalan-amalannya, oleh Allah SWT.

Setelah semua penjabaran ini maka saya kira cukup sekian tulisan kali ini. Saya berharap agar teman-teman sekalian banyak berdoa untuk calon pemimpin baru kita. Bukan doa yang biasa, tapi doa yang kita panjatkan memang di waktu-waktu yang makbul dengan ketulusan pengharapan. Agar Allah berikan kita pemimpin yang sungguh amanah dalam menjalankan tugasnya. Aamiin.

Wassalamu’alaikum wr. wb.


Tentang Penulis:
Roxalana Fikren Taufik merupakan mahasiswa Departemen IKK Fema IPB angkatan 2012. Beliau menjadi pengurus Birena sejak tahun 2014. Saat ini beliau menjabat sebagai staf Bidang Prokas (Program dan Kajian Strategis) 2014.

Advertisements

3 thoughts on “Siapapun Akhirnya

  1. Mungkin jika tepat itu juga diterjemahkan dengan dia memiliki kemampuan/skill dan memiliki tekad/semangat yg kuat sebagai pemimpin maka sy akan sepakat.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila suatu urusan diserahkan kepada orang bukan ahlinya maka kehancuranlah yang akan datang.” (HR. Imam Muslim no. 59)

    Dan Allah subhanahu wata’aala
    “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11

    Liked by 3 people

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s