Telantarnya Remaja Yatim

Yusuf Muhammad


Pembinaan Islam remaja yatim di Balumbang Jaya masih kurang.


BOGOR – Kegiatan Ngarojong ka Lembur di Balumbang Jaya yang diadakan Birena bulan lalu, (8/11), mengungkapkan sesuatu yang tak diketahui banyak orang. Meski pada saat itu Birena mengadakan santunan anak yatim, Ketua DKM Al-Barokah-Balumbang Jaya yang biasa dipanggil Pak Rohdi memiliki harapan lebih.

“Mereka (remaja yatim, red.) telantar. Bukan karena tidak ada yang menanggung biaya hidup, tapi karena kurang adanya pembinaan Islam kepada mereka,” ungkap Pak Rohdi di perbincangan siang itu, (8/11). Menurutnya, tidak sedikit dari mereka yang belum paham akan ajaran agama. Beliau berharap Birena bisa mengajak remaja-remaja yatim tersebut ikut pengajian yang diadakan Birena setiap Ahad pagi.

Menanggapi hal tersebut, Agy Wirabudi Pranata, alumni sekaligus Kepala Sekolah Birena 2012 mengungkapkan dalam forum yang berbeda bahwa sebenarnya pembinaan Islam di Birena masih kurang. “Tidak cukup jika pembinaan Islam hanya dilakukan di Birena saja. Islam itu kompleks dan pendidikan Islam harus berintegrasi dalam setiap aspek kehidupan,” terang Agy, (15/12).

Ngarojong ka Lembur 2014 telah berakhir bulan lalu, tapi bahwa masih banyak anak yatim yang telantar pendidikan agamanya adalah satu kenyataan yang lain. Padahal selalu ada balasan bagi mereka yang mengayomi anak yatim. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits,

“Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya).” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud)

Anak yatim baik anak-anak maupun remaja adalah tanggungan setiap muslim. Tanggungan terbesar ada pada pemerintah, kerabat, serta tetangga. Akan tetapi peran serta mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan dapat memberi pencerahan untuk masa depan muslim yang lebih baik.  ■ed: Dika Rahmat Saepulloh


Catatan Kaki:
Ngarojong ka Lembur adalah salah satu program kerja Bidang Prokas. Pertama kali diadakan pada bulan Oktober 2013. Sementara Prokas merupakan singkatan dari Program dan Kajian Strategis. Bidang ini lahir pada tahun 2012 dalam Kabinet Generasi Cerdas Ceria.

Advertisements

One thought on “Telantarnya Remaja Yatim

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s