Upgrading Seru!

Fadhly Zul Akmal


See you holiday, Welcome Upgrading Seru!


BOGOR – Setelah sempat libur selama dua minggu, pada tanggal 6 dan 7 Januari 2015 kemarin Birena Al Hurriyyah IPB kembali mewarnai kehidupan Kampus IPB Dramaga. “Upgrading Seru!” menjadi tag line dalam acara yang diagendakan oleh Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Birena pada dua hari tersebut.

Seperti organisasi kemahasiswaan lainnya di IPB, upgrading menjadi salah satu agenda utama dalam awal kepengurusan. Hal ini bertujuan untuk membentuk anggota organisasi menjadi solid antar satu sama lain. Begitu juga yang telah dilaksanakan oleh Birena Al Hurriyyah IPB, melalui upgrading ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapan Pembina Birena untuk menjalani kepengurusan dalam satu tahun ke depannya seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang PSDM, Fadhly Zul Akmal.

Namun ada yang berbeda dalam upgrading kali ini, persiapan dimulai jauh sebelum hari H dilaksanakannya kegiatan tersebut. Kesiapan tersebut berupa peng-upgrade-an diri secara personal pada saat liburan perkuliahan mahasiswa IPB melalui adanya beberapa penugasan, antara lain targetan amalan yaumiyah, membaca buku dan aktivitas fisik. “Penugasan ini kami berikan atas kebutuhan mereka sendiri sebagai seorang pembina karena telah meliputi tiga aspek penting dalam kehidupan manusia yaitu ruhiyah, fikriyah, dan jasadiyah.” ungkap Fadhly.

Meskipun agak dipaksakan datang sebelum hari perkuliahan, pembina Birena sangat antusias mengikuti berbagai agenda upgrading di hari pertama. Jumat (6/1), upgrading berupa acara indoor dengan diisi dengan penyampaian materi oleh Oktama Forestian S.Hut (Majelis Syuro Birena) serta penyosialisasian Visi-Misi dan 7 budaya organisasi oleh Dika Rahmat S. (Kepala Sekolah Birena 2015).

Sedangkan pada upgrading hari kedua berupa acara outdoor dengan games peretas kode. Inilah yang membuat upgrading kali menjadi semakin seru, karena panitia memberikan jangka waktu tertentu kepada peserta yang sduah dikelompokkan untuk memecahkan berbagai kode untuk mendapatkan bintang. Rahmat Hidayat (anggota PSDM) mengungkap melalui games kode ini diharapkan peserta mampu bekerja sama dan saling memahami karakter satu sama lain.

Acara puncak upgrading juga tak kalah seru, yakni games perang-perang antara peserta dan panitia. Peserta menjalankan misi untuk membentuk menara bertuliskan “Albiruni” sementara panitia berusaha untuk menghancurkan menara tersebut. Meskipun tidak ada satupun yang menang games ini mampu merekatkan antar angkatan di Birena Alhurriyyah.

Setelah penutupan upgrading, banyak emosi dan cerita yang tercipta oleh pembina Birena. “Meskipun baru 40 % dari total yang mengikuti upgrading, PSDM sebagai panitia sangat berterima kasih atas kerja sama pembina sebagai peserta yang menyempatkan waktunya mengikuti kegiatan ini.” ungkap Fadhy.

Salah satu peserta mengatakan, “Meskipun cukup melelahkan, upgrading ini memberikan banyak pelajaran. Melalui upgrading ini, kami mengerti dan merasakan langsung arti penting dari sebuah ukhuwah dan dakwah.” Ed: Ghina Qonita dan Nurul Ilmi.

Advertisements

2 thoughts on “Upgrading Seru!

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s