Remaja Birena Masuk Perguruan Tinggi Tahun Ini? Kenapa Tidak?

YUSUF MUHAMMAD – ALUMNI PEMBINA

Remaja Birena Masuk Perguruan Tinggi Tahun Ini? Kenapa Tidak?

M. H. Catur Mardiko


BOGOR – Ahad (8/3) lalu, pembina Birena menuliskan impian-impian mereka terkait Birena selama setahun kepengurusan (2015). Selain pembina 2015, ternyata salah satu alumni juga ikut menuliskan impian, target, sekaligus tantangan bagi pengurus selama satu tahun ke depan. Berikut cuplikan wawancara dengan beliau:

Apa pendapat Anda tentang impian-impian pengurus tahun ini?
Bagus, dan saya berharap semoga impian-impian itu bisa terwujud. Tapi sedikit nasihat saya agar pengurus bertanggung jawab pada impian tersebut.

Maksudnya bertanggung jawab?
Ya, saya baca sebagian dari kalian menginginkan adanya properti baru di Birena, entah itu kulkas, PC, bola voli, dsb. Dosa saya dan teman-teman sepengurusan tahun-tahun sebelumnya adalah kurang menjaga properti yang ada. Makanya ada kasus kamera prosummer hilang, PC rusak, alat-alat marawis hilang sebagian, rusak sebagian, dll. Saya berharap tahun ini dan selanjutnya kejadian itu tidak berulang.

Sebagian juga ada yang menginginkan jalan-jalan. Ada yang sekadar ingin ke Kebun Raya Bogor, Kebun Binatang Ragunan, sampai ada yang ingin ke luar negeri seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Saya kira itu wajar. Pembina butuh hiburan dan apresiasi atas kerja keras mereka (baca juga: Pecahkan Kebosanan! red.). Jalan-jalan bisa menjadi hiburan sekaligus apresiasi bagi mereka. Nah, tanggung jawabnya itu ada pada kegiatan pembinaan. Jangan sampai ketika acara senang-senang pembina rajin datang sedangkan ketika pembinaan bermalas-malasan.

Kalau impian Anda sendiri apa?
Saya minta pembina mendata di awal tahun ini berapa adik (anak-anak dan remaja) yang belum bisa baca huruf hijaiyah dan yang masih Iqro, serta remaja (kelas XII) yang ingin masuk perguruan tinggi negeri tahun ini. Lalu saya menantang pembina untuk punya target minimal 30% dari adik mengalami peningkatan. Artinya minimal 30% adik yang belum bisa baca hijaiyah menjadi bisa (iqro) dan minimal 30% adik yang masih iqro bisa naik ke tahap membaca Al-Qur`an. Untuk perguruan tinggi negeri sendiri saya yakin 100% remaja Birena bisa masuk perguruan tinggi negeri.

100%? Anda benar-benar yakin!?
Ya, saya tidak mengatakan bahwa 100% remaja Birena “pasti” masuk perguruan tinggi negeri, tapi saya mengatakan 100% remaja Birena “bisa” masuk perguruan tinggi. Artinya saya mengatakan semua remaja memiliki peluang itu. Asalkan kita memaksimalkan potensi mereka disertai doa yang sungguh-sungguh kepada Allah swt. Saya dengar Andi Sauleka dan kawan-kawan akan membuat kelas bimbel khusus terkait itu.

Lalu apa Anda ingin ikut berpartisipasi?
Saya belum tahu kesibukan saya kedepannya. Jika saya memungkinkan untuk membantu in syaa Allah saya akan berusaha membantu. Saya siap mengajar bahasa Indonesia ataupun lainnya jika dibutuhkan. Oh iya, ada satu yang terlupa.

Apa?
Impian-impian kalian pasti membutuhkan banyak biaya agar terwujud. Saya tantang kalian untuk punya target penghasilan fundraising (penggalangan dana, red.) minimal satu juta rupiah per bulan. Bisa dapat dari infak, donasi, ataupun dana usaha, yang penting halal. Oke, semangat ya! (tersenyum)

Advertisements

10 thoughts on “Remaja Birena Masuk Perguruan Tinggi Tahun Ini? Kenapa Tidak?

  1. bacaan ini bagus deh kalo d print terus d tempel di markaz, krna masih sdkit pmbina yg high tech(hehehH)
    ,semoga terrealisasi, dan memberikan sentuhan kesadaran untuk stiap pembina, spya lebih lurus, lebih ikhlas, dan termotivasi untuk slalu meningkatkan kualitas

    Liked by 1 person

    1. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin..

      Sudah dilaporkan Ziz ke Bos Markaz (Catur).. Katanya in syaa Allah di-print dan ditempel di Markaz..

      Haha, tanpa bermaksud merendahkan, memang tidak semua pembina suka membaca blog ini.. Ane paham maksud ente..

      Like

    1. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.. Makasih banyak doanya kak Bunga, jazaakillahu khoiron katsiiron, semoga diistijabah oleh Allah swt..

      Kalau kak Bunga mau reuni mampir ke Birena lagi boleh kok.. Kapan-kapan main aja.. 🙂

      Liked by 2 people

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s