MADU LEBAH

Oleh: Ikhsan Suhendro | Kadiv Acara IYC 1436 H

Bogor – Pagi buta, sebelum ayam berkokok,adik-adik peserta Islamic Youth Camp (IYC) sudah bersiap mengambil wudhu. Pagi ini, pukul 03.00 peserta IYC bersama sholat qiyamul lail di aula yang di imami oleh Kak Dika Rahmat Saepulloh. Setelah itu mereka diarahkan untuk mengambil menu saur secara antre. Kemudian setelah imsak, mereka sholat shubuh, membaca almatsurot, tilawah, dan hafalan surat Al Quran.

Di pagi hari, bus-bus IPB telah terpakrkir rapih, peralatan telah dipersiapkan, dan tas-tas pun digendong dengan erat. Kini, adik-adik peserta Islamic Youth Camp siap menjajaki kaki untuk pergi ke tempat edukasi lebah di Madu Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Mereka antusias sekaligus  penasaran ingin tahu apa yang akan ditemukannya nanti di sana.

Pemberangkatan dimulai pada pukul 07.00 dengan menggunakan tiga armada bus IPB dan dua angkot. Perjalanan ditempuh selama satu setengah jam. Di Istana Lebah Madu Pramuka, adik-adik peserta IYC mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Pertama, para peserta dikumpulkan dalam auditorium untuk dibekali pengetahuan tentag seluk-beluk lebah, kemudian peserta diajak keliling untuk mengenal spesies-spesies lebah, diantaranya Trigona, Apis melifera, Apis dorata, dan Apis cerana. Peserta juga dapat melihat langsung dan memegang lebah Trigona -yang berukuran paling kecil dan lebah Apis melifera -si lebah dari Australia. Beberapa adik ada yang berani memegang lebah dan juga sarangnya, tetapi ada juga yang masih takut-takutan untuk memegangnya. Terakhir, dilakukan sesi foto bersama di depan gapura.

Setelah ke Madu Pramuka, destinasi selanjutnya adalah pergi ke Masjid Az Zikra di Sentul untuk sholat dhuhur, istirahat, tilawah, games Ranking #1, dan sholat asar. Di mulai dari jam 11, perjalanan berakhir di Masjid Az Zikra tepat waktu dhuhur. Setelah sholat, para peserta diarahkan untuk tilawah dan tidur siang. Ranking #1 baru dimulai pada pukul 14.00. tidur siang memang terlihat sangat membosankan, tetapi ini panitia lakukan agar menjaga stamina para peserta agar tetap fit dan tidak membatalkan puasanya selama IY dilaksanakan. Di Ranking #1, acaranya berlangsung seru. Semua peserta ingin menjadi terbaik di antara yang yang lain. Ketentuan games ini adalah setiap tim diberikan 1 perlengkapan white board, penghapus, dan spidol. Soal diberikan berupa soal teori dan soal praktikum. Bagi tim yang menjawab salah, maka anggota tim yang paling besar badannya harus dikeluarkan sebagai peserta yang tereliminasi dari tim tersebut. Pada akhirnya, didapatkan tim pemenang dari games Ranking #1 ini, yaitu Kelompok Kambing (An Nazah) sebagai tim yang tidak kehilangan satu anggotanya pun.

Destinasi untuk perjalanan hari ini pun berakhir, dan sekarang saatnya bagi peserta untuk kembali ke Masjid Al Hurriyyah. Alhamdulillah, perjalanan lancar sehingga para peserta sampai di tempat sebelum adzan maghrib dan sempat untuk mandi sore terlebih dulu.

Kegiatan setelah adzan aghrib adalah berbuka dengan takjil, sholat magrib, makan nasi, sholat isya, tarawih, dan mendengarkan ceramah. Sholat isya, tarawih dan penceramah dipimpin oleh saudara Hilmi MY Kosasih dan dilaksanakan di aula Masjid Al Hurriyyah. Peserta  diarahkan untuk ikut tarawih 8 rakaat dan mencatat materi ceramah di handbook masing. Kegiatan malam diakhiri dengan setoran hafalan, membuat diary,  dan minum susu, sampai akhirnya semua diarahkan untuk tidur di tempat masing-masing.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s