RUMAH LABA-LABA

Oleh: Ahmad Idris Abdurrohman | Staff Divisi Acara IYC 1436 H

Bogor – Ada apa dengan Islamic Youth Camp (IYC) tahun ini? Ayo kita ikuti ulasan acara IYC. Tema umum IYC tahun ini spesial, yaitu “Ramadhan Berkah Cintai Al Qur’an & Binatang.” Kali ini Birena ingin bercerita mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan oleh peserta di hari pertama IYC 1436 H. Hari pertama dimulai tanggal 21 Juni 2015 dan bertempat di lingkungan Al-Hurriyyah IPB. Peserta tahun ini cukup banyak dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu mencapai 132 orang pendaftar.

Islamic Youth Camp 1435 H diketuai oleh Hilmi Muhammad Yusrin (GFM 50). Saat ditemui disela kesibukannya dia mengatakan bahwa IYC adalah wadah pembinaan untuk adik dan remaja  untuk melatih kemandirian anak. Selain kemandirian, adanya IYC agar anak-anak memiliki sarana mengisi waktu liburan Ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaatdan produktif juga membiasakan kepada adik-adik untuk hidup jauh dari orangtua dan sebagai dasar supaya kegiatan IYC ini bisa di implementasikan dalam Ramdhan tahun-tahun selanjutnya.

“Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, dalam mencapai keberkah di bulan Ramadhan ini kita harus mencintai sesama makhluk Allah SWT tak terkecuali kepada binatang sekalipun” ungkap Ka Hilmi saat ditanya mengenai penetapan tema IYC 1435 H, Minggu (21/6).

Rumah laba-laba itulah tema hari pertama di acara IYC ini. Tema tersebut memiliki arti, “Ramadhan Meriah dengan Langkah Berkah Lahir Batin”. Agar Ramadhan meriah, langkah berkah yang di lakukan oleh peserta IYC di saat itu adalah melakukan tilawah Al Quran bersama, menghafalnya dan mentadaburinya dengan penuh penghayatan ditambah lagi dengan pembacaan al ma’surat bersama.

Pagi hari peserta IYC mendapat kejutan spesial dari pencerita yang sangat mengasyikan adik-adik pesertanya yaitu Ust. Waladan yang membawakan cerita tentang menghafal Al Quran itu mudah.

Sore hari para peserta IYC membuat suatu kretifitas yaitu membuat mainan laba-laba yang terbuat dari tutup botol minuman dan pipa sedotan, terlihat sangat lucu dan unik, mereka membuatnya dengan penuh semangat sehingga terbentuklah mainan laba-laba yang munggil dan lucu.

Setelah shalat Ashar mereka langsung mobilisasi ke halaman Al Hurriyyah yang asri dan indah untuk melaksanakan salah satu kegitan yang tentu tidak kalah seru dan mengundang antusias para peserta IYC yaitu masak dan membuat kue bersama, adapun kue-kue yang dimasak oleh mereka adalah kue pudding, nastar dan kulak ubi ungu yang mereka buat untuk buka bersama nantinya.

Perserta pun dilatih untuk mandiri dan berinteraksi dengan temannya dalam satu ruangan peristirahatan, dan tidak dilupakan untuk amalan ruhiyah dan ruhaniahnya pun dilatih untuk dikembangkan demi mencapai tujuan acara yaitu membentuk anak yang berbakti soleh dan berbakti kepada orangtua.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s