SAPI BERBAGI

Oleh: Fauziatul Muslimah | Staff Divisi Acara IYC 1436 H

Bogor – Hari ketiga Islamic Youth Camp memiliki tema “Sapi Berbagi (Sambung Persaudaraan Islam dengan Berbagi). Hari ini menekankan pada nilai-nilai dermawan, ikhlas berbagi dan bersyukur. Pagi hari sekitar pukul 03.00 adik-adik seperti biasa dibangunkan dari tidurnya guna melaksanakan Qiyamul Lail yang dilaksanakan di Aula Masjid Al-Hurriyyah. Qiyamul Lail kali ini diimami oleh Kak Crisna Murti (IKK 49). Adik-adik terlihat khusyuk menjalankan ibadah malam ini walau beberapa adik masih ada yang terlihat mengantuk.

Selanjutnya adik-adik menjalankan sahur. Menu sahur kali ini adalah sup macaroni bakso, nugget dan bakwan jagung. Sedangkan buah yang dikonsumsi adalah semangka. Setelah sahur, adik-adik dituntun menuju Masjid Al-Hurriyyah untuk melaksanakan shalat subuh dan dilanjut dengan hafalan, tilawah dan pembacaan Al-Matsurat. Hafalan yang ditetapkan untuk hari ketiga adalah Q.S Al-Baqarah : 261-262. Kemudian adik-adik dipersilakan untuk mandi pagi, shalat dhuha dan mempersiapkan keperluan untuk perjalanan ke Peternakan Rumah Do’a Anak Yatim.

Sekitar pukul 07.30 adik-adik mulai memasuki angkot masing-masing dan berangkat menuju Peternakan Rumah Do’a Anak Yatim. Sesampainya disana, terdapat banyak tanggapan adik mengenai Peternakan tersebut. Ada adik yang merasa kurang suka mencium aroma hewan dan kandang yang kurang menyenangan, namun tak sedikit juga adik yang terlihat antuasias memberi makan sapi dan berkeliling-keliling melihat sapi potong, sapi perah, kerbau, kambing, ikan dan kuda. Disana adik-adik dapat berinteraksi langsung, menyentuh dan memberi makan beberapa hewan.

Setelah merasa lelah berkeliling di Peternakan, adik-adik diarahkan menuju Masjid Al-Hidayah, Cinangneng. Disana adik diberi waktu untuk istirahat, menghafal hafalan yang telah ditetapkan dan diberikan informasi mengenai Peternakan Rumah Doa Anak Yatim yang setiap harinya mampu menyantuni 3000 anak yatim dan santunan tersebut dilakukan rutin, setiap harinya. Diharapkan setelah diberikan informasi mengenai Peternakan dan terjun langsung ke lapangan, adik-adik dapat mengambil pelajaran, yakni menjadi adik yang lebih dermawan.

Shalat dzuhur dilangsungkan di Masjid Al-Hidayah tersebut. Kemudian adik-adik dibagi kedalam dua grup besar yang berisi enam kelompok kecil setiap grupnya. Grup pertama melanjutkan perjalanan ke Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama, sedangkan grup kedua melanjutkan perjalanan ke Panti Asuhan Kosgoro. Di kedua panti tersebut adik-adik mengaplikasikan ilmu sedekah yang telah didapat dari Peternakan Rumah Do’a Anak Yatim tadi dengan cara memberikan baju layak pakai yang telah dikumpulkan dan beberapa sembako. Selain itu, diharapkan adik-adik dapat lebih mensyukuri apa yang ia miliki.

Pukul 14.30 adik-adik telah sampai kembali di Masjid Al-Hurriyyah IPB. Adik-adik diberikan waktu untuk istirahat dan mempersiapkan untuk pelaksanaan Shalat Ashar. Setelah shalat ashar adik-adik berlatih untuk penampilan wisuda di hari kelima IYC nanti, seperti drama, vokal grup, puisi, nasyid dan MC. Adik-adik terlihat menikmati latihan penampilan kali ini hingga tidak terasa waktu maghrib pun tiba. Adik-adik berbuka dengan es blewah, donat, risol dan kue mangkok. Kemudian adik shalat maghrib di Aula Al-Hurriyyah dan dilanjutkan dengan makan makanan berat. Setelah puas mengonsumsi hidangan yang telah disajikan, adik-adik mulai bersiap-siap untuk melaksanakan shalat isya dan tarawih yang diimami oleh Muhammad Fakry Al-Rasyid (FIS 51). Kemudian adik-adik menyetorkan hafalannya dan menulis diary  di Aula Masjid Al-Hurriyyah, lalu kembali ke ruang tidur masing-masing untuk beristirahat.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s