SERANGAN GAJAH

Oleh: M. H. Catur Mardiko | Staff Divisi Acara IYC 1436 H

Bogor – Tepat pada pukul 03.00, Qiyamul lail mengawali hari ke-4 IYC 1436 H dengan nuansa dingin khas citra kota bogor. Tema “Serangan Gajah” (Sentuh Ramadhan dengan Gairah Ukhuwah) pada hari keempat ini dikemas dengan agenda outbond yang menyenangkan.

Senam Birena memulai aktivitas pagi untuk membakar semangat adik-adik IYC. Kak Iyo langsung yang menjadi instruktur senam kali ini. Deru semangat adik-adik pun mulai terasa menyelimuti taman alhurriyyah. Gema takbir menggelayuti pagi yang cerah itu.

Dua belas kelompok adik IYC sudah bersiap dengan ciri khasnya masing-masing untuk perlombaan outbond IYC yang didesain dengan system running man ini. Kondisi tubuh yang sedang berpuasa Ramadhan tidak menyurutkan semangat adik-adik. Namun, kakak-kakak panitia pun mengerti kondisi adik yang sedang berpuasa sehingga tiap games yang diadakan tidak terlalu menyita tenaga. Walau begitu keceriaan adik dalam kelompoknya semakin terasa ukhuwahnya yang menjadi tujuan dari IYC hari keempat ini, Sentuh Ramadhan dengan Gairah Ukhuwah.

5 pos games yang  tersedia di outbond ini adalah pos silsilah Rasul saw, pos menyusun kata, pos fotografi kelompok, pos mencari bendera jawaban, dan pos kreasi adik. Secara keseluruhan games pada pos dibuat untuk mengasah pengetahuan adik dan kekompakan tim.

Alhamdulillah, semua kelompok mampu menunjukkan kebolehannya dalam bekerjasama. Tampak jargon dan yel-yel kelompok selalu terdengar pada setip pos yang dihadapi. Keunggulan tim akan terlihat dari hasil poin yang diperoleh masing-masing kelompok dan sikap sportif yang ditunjukkan.

Terkhusus Pos kreasi, seluruh adik IYC dipersilahkan untuk membuat ungkapan kepada orang tuanya. Ini dilakukan untuk melatih adik agar bisa mengungkapkan perasaannya kepada orang tua yang telah merawatnya hingga kini. “Terima kasih ayah dan ibu yang telah merawatku sejak kecil, Maafkan aku yang belum bisa membalas apa-apa kepadamu, ayah dan ibu”, tulis salah satu adik IYC dalam surat ungkapannya. Kemudian  outbond diakhiri dengan membuat mahkota sesuai dengan nama kelompoknya masing-masing.

Tilawah dan hafalan Al Qur’an tak lupa senantiasa dilanjutkan untuk mengisi ruhiyah adik-adik hari ini. Materi hafalan dan tadabur surat Al Fiil ditambah lagi dengan menonton video kisah penyerangan Kakbah oleh Raja Abrahah yang kejam semakin menambah pengetahuan adik akan kuasa Allah swt.

Demi kelancaran acara wisuda IYC 1436 H esok harinya, latihan penampiln pun dimatangkan pada kesempatan hari ini. Gladi resik penampilan pun tak lupa dilakukan untuk semakin mempersiapkan penampilan adik-adik IYC yang akan disaksikan langsung oleh orang tua mereka.

Malam hari ini menjadi malam terakhir peserta IYC melaksanakan tarawih buk shaum Ramadhan dan tarawih berjamaah dengan kakak-kakak Birena Al Hurriyyah IPB. Kak Eki yang menjadi pengisi ceramah banyak menyampaikan ibroh/hikmah dari peristiwa penyerangan Kakbah yang akhirnya datang pertolongan Allah melalui burung ababil untuk menghanguskan pasukan gajah Raja Abrahah. Pada tahun itu disebut sebagai tahun gajah yang bertepatan juga dengan kelahiran Rasulullah saw.

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s