OUTBOND AND GRADUATION

■ Riska Susilowati (Spectrum Al Hurriyyah IPB)


Waktu cepat berlalu, tak terasa sudah beranjak menuju rangkaian terakhir Spectrum 1437 H. Berbeda dengan rangkaian sebelumnya yang mana hampir seluruh kegiatannya dilakukan di dalam ruangan. Hari ke-5 dilaksanakan pada tanggal 8 November dengan mengambil tema khusus yaitu “Outbond and Graduation”. Mentari masih malu-malu menampakkan diri tetapi para peserta  sudah berkumpul di parkir C Masjid Al Hurriyyah dengan membawa semangat yang luar biasa layaknya api yang membara. Jumlah peserta yang hadir cukup banyak, kurang lebih 100 peserta ikhwan dan akhwat. Kegiatan yang maksimal tentunya berbanding lurus dengan energi yang diperoleh, maka dari itu sebelum berangkat menuju medan yang cukup menantang, peserta sarapan terlebih dahulu. Menu sarapan kali ini adalah nasi uduk dengan paket lengkap yaitu telur, bihun, kerupuk, dan tak lupa sambal kacang. Memasuki waktu dhuha, peserta dan panitia melaksanakan sholat dhuha di masjid Al Hurriyyah supaya lebih berkah dalam menjalani kegiatan hari ini.

20
Kompak – Suasana Pos 1 (Perang Badar)

Ruhiyah sudah di-charge dan sudah penuh, kini giliran jasmani yang di-charge yaitu bersiap untuk Outbond. Sebelumnya peserta dibagi menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4 kelompok akhwat dan 4 kelompok ikhwan. Outbond dibagi menjadi 4 pos di mana tiap pos terdapat 1 permainan. Pos pertama adalah perang badar yang berlokasi di lapangan C4. Pada pos ini, peserta harus merangkai kata SPECTRUM yang mana setiap hurufnya tersebar di sekitar lapangan. Setelah lengkap dan tersusun menjadi kata SPECTRUM, peserta harus menjaga dan mempertahankan rangkaian huruf itu supaya tetap pada posisinya selama 5 detik. Hikmah yang dimunculkan pada permainan ini adalah kekompakan tim dan menjaga amanah. Usai perang badar, peserta diberikan amanah yaitu rangkaian kalimat dan bulir beras yang nantinya akan dicek di pos terakhir.

21
Percaya – Para jundi sedang berusaha membuat bidang datar dengan instruksi dari qiyadahnya.

Perjalanan selanjutnya menuju hutan di belakang perumahan dosen. Permainan pada pos ini adalah Qiyadah wal Jundiyah. Peserta harus menentukan salah satu orang menjadi qiyadah (pemimpin) dan yang lainnya menjadi jundi (pasukan). Para jundi akan ditutup matanya sedangkan qiyadah menginstruksikan para jundi untuk membentuk suatu bidang datar, instruksi yang diberikan hanya melalui suara. Hikmah yang dimunculkan pada permainan ini adalah kepercayaan antara pemimpin dan pasukan. Permainan selanjutnya dan masih di tempat yang sama adalah debat kasus. Setiap kelompok ikhwan dan akhwat akan diberikan studi kasus dan pendapatnya yaitu pro atau kontra. Peserta diberi waktu untuk menyampaikan pendapatnya, menanggapi, dan menyanggah pendapat kelompok yang lain. Hikmah yang dimunculkan pada permainan ini adalah berlatih public speaking.

22
Public Speaking – Salah satu peserta memaparkan opini terkait kasus yang diberikan.

Pos yang terakhir mempunyai lokasi yang cukup menantang yaitu di sungai. Arus sungai yang cukup deras dikarenakan hujan tidak menghalangi peserta untuk melanjutkan outbond. Permainan pada pos ini adalah paralon lubang. Setiap kelompok diberikan bola pingpong dan paralon yang berlubang. Peserta harus mampu mengapungkan bola pingpong di paralon yang berlubang tersebut dengan cara kreatif masing-masing. Hikmah yang dimunculkan pada permainan ini adalah kerja sama antar kelompok dan pantang menyerah terhadap medan yang terjal. Setelah semua kelompok menyelesaikan misinya, peserta dikumpulkan dan diadakan evaluasi mengenai kegiatan Spectrum yang berlangsung selama 5 hari. Hal ini bertujuan membangkitkan semangat dan meluruskan kembali niat para peserta yang merupakan calon penggerak dakwah. Peserta diberikan waktu untuk bersih-bersih dan beristirahat sejenak sebelum wisuda dimulai.

23
Rintangan – Para peserta sedang berusaha untuk menyelesaikan misi paralon lubang.

Wisuda dirancang oleh para peserta dengan ketuanya Redho Saputra. Acara wisuda dimulai pukul 13.30 di Aula masjid Al Hurriyyah. Lima hari bukanlah waktu yang sebentar, banyak kenangan yang terekam di dalamnya dan dikemas dalam sebuah video “Perjalanan Spectrum 1437 H”. Selanjutnya persembahan penampilan dari peserta, yang mana mereka melaksanakan latihan semenjak selesai Ujian Tengah Semester. Terdapat beberapa macam penampilan, diantaranya nasyid, drama musical, baca puisi, dan paduan suara. Para peserta terlihat maksimal dalam mempersembahkan penampilannya walau ada sebagian yang kurang lancar mereka saling melengkapi. Selanjutnya pemberian reward kepada tiap kelompok dan tentunya dengan kategori yang berbeda-beda, ada yang juara rangking 1, juara outbond, juara plan business canvas, dan beberapa kategori lainnya. Hingga akhirnya acara yang dinantikan datang juga yaitu wisuda peserta Spectrum. Di antara ratusan peserta, ada dua orang terpilih yaitu wisudawan dan wisudawati terbaik.

24

Bahagia – Wisudawan terbaik Spectrum 1437 H.

Wisudawan terbaik diterima oleh Redho Saputra sedangkan wisudawati terbaik diterima oleh Anggi Riska Elmayuni (GFM 51), selanjutnya penyerahan toga dan sertifikat secara simbolik oleh ketua pelaksana yaitu Choirul Fajri (MTK 50). Spectrum 1437 H resmi ditutup, semoga bisa menghasilkan pribadi yang istiqomah di berbagai medan dakwah karena dakwah adalah cinta.

Spectrum (Spectacular training for your amazing future) 2015

“Kami adalah Kincir Angin Penggerak Peradaban Dakwah.”

Advertisements

One thought on “OUTBOND AND GRADUATION

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s