Forum Orangtua: Bahayakah Sinetron?

Minggu, 1 Mei 2016 – Pagi cerah telah menyambut senyum para pembina maupun adik dan remaja birena. Ahadan kali ini berbeda dengan ahadan biasanya. Pasalnya, hari ini birena melaksanakan fortu. Fortu (forum orang tua) merupakan salah satu kegiatan birena yang ditujukan kepada orang tua untuk menambah wawasan mereka terhadap lingkup yang berhubungan dengan anak dan keluarga. Sebelumnya, adik-adik diarahkan untuk mengikuti senam pagi dengan ceria. Mereka menggerakkan tubuh sesuai yang pembina contohkan, kemudian acara dilanjutkan untuk melaksanakan sholat duha di Aula sebelum mereka dipindahkan di lantai dasar masjid Al Hurriyyah untuk melaksanakan pembinaan rutin bersama pembina.

 Pelaksaan fortu kali ini dimoderatori oleh kak Meddy selaku kakak pembina Birena angkatan 52. Ia membawakan rundown acara dengan renyah dan penuh ceria, seperti jargon birena yang penuh semangat dan ceria dalam membina adik-adik. Materi forum orang tua kali ini juga tidak kalah menarik dari penampilan moderator. Materi untuk fortu yang disampaikan oleh kak Mila, IKK angkatan 47 ini sangat menggugah hati para wali murid birena. Pasalnya, kak Mila membawakan materi yang bertemakan bahaya sinetron, cocok dengan masalah pertelevisian Indonesia pada zaman ini yang penuh dengan tayangan yang tidak memberikan manfaat bagi perkembangan anak-anak dan remaja. Dewasa ini, dunia pertelevisian Indonesia banyak menyuguhkan tayangan yang berbau kekerasan, pencabulan, percintaan hingga masalah yang lebih vital yaitu hal-hal berbau porno. Hal tersebut justru sangat membahayakan jika seorang anak menontonnya, bahkan tanpa pengawasan atau sepengetahuan orang tua mereka. Celakalah nasih sang anak. Di samping itu, sinetron tidak memberikan manfaat bagi seorang anak, yang jadi anak-anak akan mudah terpengaruh oleh adegan yang diperagakan dalam sinetron tersebut. Masa kanak-kanak adalah masa yang penuh dengan keingintahuan lebih terhadap sesuatu, kemampuan seorang anak dalam menyerap sesuatu jauh lebih cepat, sehingga perlunya perhatian dan bimbingan yang penuh dari orang tua. Melalui fortu inilah semua orang tua murid dibekali wawasan akan pentingnya kepedulian terhadap kehidupan anak-anak.

Acara fortu kali ini mendapatkan respon hangat dan antusias yang baik dari orang tua, walaupun acara yang dilaksanakan hari itu kurang dalam hal persiapan dan koordinasi satu panitia dengan panitia yang lain, sehingga terkesan dadakan. Banyak diantara adik-adik yang berdatangan di Aula ketika jam istirahat. Adik-adik seharusnya dilarang untuk mengikuti atau masuk dalam forum karena forum tersebut merupakan forum khusus orang tua, namun akhirnya acara dapat terkendali. Selain penyampaian materi dari kak Mila, Kak Rahmat selaku kakak PSDM birena juga menyampaikan perihal kegiatan yang ada di birena tiap ahdannya, sehingga para orang tua tahu apa saja agenda ahadan di birena.

 Sebelum acara berakhir, ada bagian penting yang ditungguh-tunggu oleh para orang tua, yakni pengumuman Beasiswa Birena. Kak Rahmat menyampaikan beberapa adik dan remaja yang mendapatkan beasiswa Birena tahun ini. “Apa sih beasiswa birena itu?” Yap, beasiswa birena merupakan beasiswa yang diberikan kepada adik-adik dan remaja birena yang aktif, rajin, dan prestatif dalam belajar di birena. Beasiswa birena diberikan setiap bulannya kepada adik-adik yang presensi kehadirannya lengkap, jika kehadiran mereka kurang dari 2 kali. Nah, mereka tidak mendapatkan beasiswa. “Heheh gapapa ya? Hayoo… makanya yang rajin adik-adik.” Hihi… Luapan bahagia tergambar dari para orang tua yang putra/putrinya mendapat beasiswa, ketika nama mereka terpanggil untuk maju menjadi perwalian anak-anak mereka.

 

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s