Islamic Youth Camp 1437 H “Pinisi Salmon”

IMG_3651.JPGAssalamu’alaikum, adik-adik yang sholeh dan sholehah…

Alhamdulillah hari pertama Islamic Youth Camp (IYC) 1437 H sudah kita lalui dengan lancar. IYC tahun ini mengusung tema besar “Jangkar Kapten Salmon” dengan lima subtema harian yaitu :

Hari 1 – Pinisi Salmon (Prepare for the journey syari with Salam Ramadhan)

Hari 2 – Blastomussa Welsi (Blessing to Muhammad and welcome to the sea)

Hari 3 – Pearl Harbour (Part of luxury and harmony art in our Ramadhan)

Hari 4 – Corcovando (Create our convidence in navigation at ramadhan)

Hari 5 – Amazon Salmon (Amazing the end of salam Ramadhan)

Rangkaian IYC hari pertama diawali dengan registrasi peserta. Para peserta tidak hanya berasal dari Bogor, namun juga dari luar Bogor seperti Depok, Jakarta dan sekitarnya. Orang tua dan anggota keluarga lainnya turut mengantarkan peserta untuk registrasi dan membawakan barang-barang yang akan digunakan adik untuk menginap selama lima hari.

Usai melakukan registrasi, baik peserta maupun orang tua masuk ke dalam Aula Al Hurriyah untuk mengikuti pembukaan IYC 1437 H. Acara diawali dengan pemutaran video tentang kondisi laut saat ini. Kemudian PAK memberikan penampilan sambutan untuk adik-adik peserta. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Idris selaku ketua pelaksana IYC  dan sambutan terakhir disampaikan oleh Andyka selaku Kepala Sekolah Birena 1437 H sekaligus meresmikan dibukanya acara Islamic Youth Camp 1437 H.

Dipenghujung acara pembukaan, peserta dikumpulkan sesuai kelompok yang sudah dibagi kemudian keluar ruangan bersama-sama menuju tempat camp. Camp akhwat berada di ruang perpustakaan Al Hurriyah, sementara camp ihwan di ruang sahabat. Para peserta segera menyesuaikan tempat tidur yang telah disediakan bersama dengan teman baru mereka.

DSC05142.JPG

Menjelang dzuhur masing-masing kelompok saling memperkenalkan diri satu sama lain. Setelah mendengar adzan dzuhur berkumandang, baik peserta maupun panitia segera menuju tempat sholat untuk melakukan sholat bejamaah dan dilanjutkan tilawah bersama.

Kegiatan selanjutnya adalah menonton film Finding Dory bersama-sama di Aula Al Hurriyah. Setelah mononton film, adik-adik peserta IYC tidur siang sampai menjelang adzan ashar. Seusai sholat ashar, adik-adik membaca al matsurat bersama-sama.

Setelah sholat, adik-adik berkumpul kembali di Aula untuk mengikuti materi berjudul Kapal Nabi Nuh yang disampaikan oleh Ustadz Waladan. Adik-adik mengikuti dengan antusias dan mencatat dengan baik materi yang disampaikan.

Sambil menunggu waktu berbuka, adik-adik melakukan kreativitas berupa pembuatan miniatur kapal dari kertas karton tiap kelompok. Bahan-bahan yang telah tersedia dikreasikan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kapal yang bagus. Kegiatan ini melatih kerjasama, kreativitas dan kekompakan adik.

DSCN2537.JPG

Pembuatan kapal selesai menjelang waktu berbuka. Setelah semuanya dirapikan, adik bersiap-siap untuk berbuka puasa dengan ta’jil yang telah disediakan lalu sholat magrib berjamaah. Usai sholat, adik dan panitia makan bersama. Setiap orang bertanggung jawab terhadap barang masing-masing, termasuk juga mencuci piring dan gelas yang telah digunakan.

Seluruh kegiatan hari ini ditutup dengan sholat isya dan tarawih berjamaah, tilawah bersama dan tidak lupa minum susu. Adik-adik dikondisikan untuk tidur malam pukul 21.15 WIB supaya besoknya dapat dibangunkan untuk qiyamul lail dan sahur. Hari kedua sudah didepan mata dengan kegiatan yang lebih seru. Siapkan semangat dan senyumanmu adik-adikku. Semoga IYC tahun ini membawa berkah dan meningkatkan ibadah kita semua.

DSCN2609.JPG

IYC 1437 Hijriah “Bentangkan layar, angkat jangkar, siap berlayar, Allah Allah Allahu Akbar !!!”

Advertisements

One thought on “Islamic Youth Camp 1437 H “Pinisi Salmon”

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s