Ada Pelangi di Muara Salmon

■ Muhamad


Berlayar ke Berbagai Negara Islam


boy1
Peta perlayaran Kapten Salmon ( Arabia – Palestina – Eropa – Indonesia )

Nuansa awal Minggu pertama masuk sekolah (15/1) bagi adik-adik masih sangat terasa setelah lamanya libur sekolah. Tapi ada yang berbeda dengan kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik, remaja, orang tua dan juga kakak-kakak Pembina di Birena nih. Yapss, di Minggu awal sekolah ini, Birena Al-Hurriyyah IPB mengadakan acara BOY “Birena of The Year”. Acara ini merupakan acara tahunan dan mengangkat tema “Kejayaan Islam di Muara Salmon”. Acara yang bertemakan laut dengan berbagai macam dekorasi yang mampu mengubah Audit FMIPA menjadi terkesan dunia laut, serasa begitu fantasi. Acara dibuka dengan penampilan Opening Ceremony dari para Remaja Ikhwan dan Akhwat yang menampilkan padus saman dengan berornamenkan lilin dan juga tari kontemporer, pembacaan Puisi serta nyanyian lagu senandung ukhuwah sampai akhir penampilan pembukaan ditutup oleh tari kolosal dan kain merah putih serta melecon yang memberikan kesan kemegahan dan kemeriahan acara.

Beranjak dari penampilan Opening Ceremony remaja, lalu acara dibuka oleh MC yang super kece yakni kak Teguh dan Kak Hilmi, pembawaan acara oleh keduanya begitu seru dan banyak mengundang tawa serta semangat dari para hadirin dengan mengajak berjargonria ala Birena. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta saritilawahnya dibawakan oleh adik-adik Birena yaitu Bagas dan Fajar, dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari ketua pelaksana acara BOY 1437 H dan juga kakak Kepala sekolah kita yaitu Kak Andyka Eka Syahputra.

Penampilan berbagai macam kreasi tampilan dari adik-adik Birena yang dibingkai secara alur berlayar yaitu Dari Arabia sampai ke Indonesia menjadi keseruan tersendiri untuk acara ini. “ Are you ready?? “, saut MC dan semuanya menjawab “ Yes I’am ready. “, waktunya tiba untuk berlayar..

Diawali dengan berlabuh di Arabia ada sebuah penampilan yang sangat keren sekali dari Tim Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) yang dibawakan oleh remaja Ikhwan M. Sobari (Aliyah) dan M. Iqbal (Tsanawiyah) dan juga kakak pembina kita yang super lucu dan keren yaitu Kak Meddy (Pensyarah) dengan mengangkat tema syarahan “Membangun karakter kepribadian bangsa dalam perspektif Al-Qur’an”.

Beranjak dari Arabia kita berlayar kembali dan akhirnya tibalah di tanah Palestina, disinilah ditampilkan video tentang Palestina dan juga tampilan kreasi adik-adik Birena yaitu dengan tampil Pembacaan puisi oleh 2 adik akhwat dan juga kakak yang sangat menginspirasi kita semua yakni Kak Riadi. Dalam pembacaan puisi, puisi yang dibacakan begitu syahdu dan menyentuh qalbu bagi semua hadirin yang mendengar dan melihatnya.


boy3
Penampilan adik-adik birena Birena of The Year 1437H.

Selanjutnya perlayaran ke arah Eropa, sesampainya berlabuh disana ditampilkanlah kreasi adik-adik bimbingan kak Riadi berupa Drama Musikal yang begitu memukau hadirin khusunya para orang, sampai gelak tawa pun terpecah akibat gerakan adik-adik yang lucu dan menggemaskan di atas panggung. Bersambung ke negara yang kita cintai, Yeaaa.. apalagi kalo bukan Indonesia. Pelayanan kini sudah berlabuh dan singgah di Indonesia, disini juga penampilan tidak kalah seru dan menarik. Tari Manuk Dadali binaan Mba’ Ega turut ditampilkan oleh adik-adik akhwat dengan berbusana Kebaya Sunda serta mahkota di atas kepalanya, menunjukkan kebudayaan Sunda yang begitu kental didalamnya. Tak hanya itu, Tari Cindai bimbingan dari Mba’ Fanice pun ikut tampil memukau para hadirin dalam acara ini. Dengan selesainya penampilan tari Cindai maka berakhirlah pelayaran kapten dan berjaya di Muara Salmon BIRENA.

Eittsss tunggu dulu, dengan berakhirnya pelayaran kapten Salmon ini bukan berarti acara selesai begitu saja. Masih ada penampilan yang sangat bagus dan tidak kalah menarik dari adik-adik Birena untuk Ibunda dan Ayahanda tercinta, yang ditunjukkan sebagai rasa kasih sayang adik-adik semua terhadap orang tuanya. Paduan suara adik-adik dengan lagu ” Ibu ” dan ” Kau dan Aku Bisa ” menjadikan simbol persembahan untuk para orang tua disana dan semangat mereka bermain bersama menuntut ilmu di Birena Al-Hurriyyah IPB.

Beranjak ke acara selanjutnya yang tak kalah serunya adalah acara Persembahan untuk kakak-kakak Birena 49 yang sudah tidak mengemban amanah lagi di Birena. Lagu ” Sebiru Hari Ini ” dinyanyikan untuk kakak-kakak Birena 49 yang akan meninggalkan Birena, begitu syahdu dan nikmat terasa pada acara ini. Pesan pada adik-adik serta orangtua Birena oleh Kak Dika , ditambah lagi dengan sebuah syair lagu “Alhamdulillah”-opick yang dilantunkan oleh kakak-kakak 49 yang di pimpin oleh Kak Catur. Begitu sedih, bangga dan juga rasa tak mau kehilangan kakak-kakak 49 semuanya tercampur menjadi satu melebur menjadi rasa kerelaan dan juga semangat baru bagi para Pembina Birena. Banyak rasa yang indah seperti pelangi yang memiliki banyak warna. Terimakasih kakak-kakak Birena 49, semoga sukses diluar sana Amiiiinn.

Waahhhhh, ada apalagi yahh?? Hemmm sudah banyak sekali keseruan yang ada dalam acara BOY ditahun ini yah. Oh ternyata masih ada lagi rangakaian acara yang lain yaitu Pemberian Hadiah bagi para adik-adik dan Remaja Birena atas prestasi mereka di Birena dengan memperoleh nilai tertinggi pada saat ujian Birena. MC dengan bangga memanggil satu persatu nominasi-nominasi adik dan remaja ke atas panggung bersama di dampingi oleh orang tua mereka. Waahhhhh sangat bangga sekali yaah memiliki adik-adik dan Remaja yang sangat berprestasi, semoga mereka semua bisa menjadi kebanggaan di sekolahnya dan terkhusus menjadi kebanggaan orangtua atas ilmu-ilmu yang diberikan dari para Pembina Birena selama ini.


boy2
Foto adik akhwat Ibtida Awal dengan Nilai Ujian tertinggi. 

Hemmm tak terasa hari sudah beranjak siang dan matahari diluar sana pun sudah menunjukkan eksistensinya di atas gedung FMIPA yang menandakan rangkaian acara pun sudah selesai dan keseruan serta keceriaan di acara BOY. Semoga keceriaan dan keseruan ini berlanjut setiap ahadan di Birena nanti. Acara pun selesai dan ditutup dengan dibacakannya do’a yang dipimpin oleh Kak Dika. Setelah selesai pelantunan do’a yang begitu syahdu, ini menandakan bahwa acara Birena Of The Year sudah berkahir pula, dan acara pun selesai dengan ditutup oleh jargon  BOY yang begitu asyik oleh kakak-kakak MC Ketceh badai..

Kapitennnnn……. siap berlayar menuju samudra kejayaan Islam. boooommmmm baasssss tiissss…. Allahu Akbar. Ed : T

Advertisements

12 thoughts on “Ada Pelangi di Muara Salmon

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s