Hari Air


“Dan Kami jadikan dari air segala sesuatu yang hidup, apakah mereka beriman?

(Qs Al Anbiya ‘ : 30 )


Bogor- Lembaga Masjid Alhurriyah IPB dalam  bidang Birena (Bimbingan Remaja dan Anak)  oleh divisi Kajian Strategis bersama adik birena telah menyelenggarakan acara Cimomon mengkaji tentang  “Hari Air Sedunia” yang mengambil tema tentang “Menghemat Air” pada tanggal 26 Maret 2017. Acara yang juga dilaksanakan atas kerjasama dengan divisi  KK( Kurikulum dan KeisiSwaan) dan para pembina remaja Birena ini  diadakan di Koridor LAZ, lantai I Masjid  Al-Hurriyah, Institut Pertanian Bogor dihadiri oleh pelajar/remaja.

Acara yang dilaksanakan pada pukul 08.30 itu menghadirkan pembicara, yaitu  sebagai pemateri  mengenai bagimana cara menghemat air adalah kak Ari Dwi Cahyono selaku ketua Divisi Kajian Strategis .

Menurut Ari Dwi Cahyo sebagai ketua pelaksana, acara ini diadakan sebagai media pembelajaran bagi adik-adik Birena untuk mengetahui bagaimana arti penting air bagi kehidupan dan bagaimana cara kita menghemat air dengan cara tidak boros dalam penggunaan air. Seperti Rosulullah juga mengajarkan kita untuk hidup hemat, Allah tidak menyukai perbuatan boros. Diriwayatkan bahwa Nabi saw berwudhu dengan satu mud air dan mandi dengan satu sha sampai lima mud air.

MasyaAllah, 1 mud air itu kurang lebih setara dengan 600 ml air (botol aqua sedang) dan 1 sha sekitar 4 mud. Betapa hati-hatinya Rasulullah Saw dalam menggunakan air. Bahkan diriwayatkan di sungai yang mengalirpun kita tidak boleh berlebih-lebihan dalam berwudhu. Itu dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti mencuci tangan, mandi atau wudhu, tidak boleh  boros dalam menggunakan air, gunakan air seperlunya.

Acara yang dilaksanakan pada ahadan kali ini sangat menarik, menambah pengetahuan, karena dilengkapi dengan kisah “ Air Zam-Zam” bahwasanya air zam-zam memiliki kisah yang sangat luar biasa dan banyak sekali khasiat dan manfaat yang terdapat dalam ari zam-zam.

Sehingga mampu memberikan pedoman kepada adik-adik birena agar tetap menghemat air dengan mengikuti sunah-sunah Rasulullah SAW dan menjadi adik-adik yang peduli terhadap lingkungan sehingga adik-adik mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena cinta lingkungan berarti mencintai segala kenikmatan yang di berikan Allah. Ed:A

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s