Belajar Bersyukur

■ Kari


“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al-Baqarah : 172)


IMG-20170416-WA0012

Paman Datang

Lagu Tasya

Kemarin paman datang

Pamanku dari desa

Dibawakannya rambutan, pisang

Dan sayur mayur segala rupa

Bercerita paman tentang ternaknya

Berkembang biak semua

Padaku, paman berjanji

Mengajak libur di desa

Hatiku girang tidak terperi

Terbayang sudah aku di sana

Mandi di sungai, turun ke sawah

Menggiring kerbau ke kandang

Cipt AT Mahmud

 

Belajar Bersyukur

Hari Sabtu sepulang dari sekolah. Ana nampak kehausan. Setelah berganti pakaian dan merapikan buku pelajaran, Ana pergi ke dapur. Ana melihat banyak sekali buah mangga dan pisang di atas meja makan. Ana bingung kemudian bertanya kepada Ummi, “Mi, Ummi habis belanja, banyak sekali buahnya Mi?.”

“Engga sayang, buah-buah ini dibawa oleh paman kamu yang datang ke sini.” Jawab Ummi.

“Paman? Paman datang ke sini? Ko ga bilang-bilang, sekarang di mana pamannya Mi? Ana bertanya penasaran.

“Mmm…tadi diajak ayah kamu ke empang kita di belakang rumah.” Jawab Ummi.

Pamannya Ana adalah seorang petani yang tinggal di desa. Dia mempunyai banyak sekali kebun yang ditanami buah dan sayur. Akhir pekan ini, paman berkesempatatan datang mengunjungi Ayahnya Ana yang tidak lain adalah adiknya paman. Sewaktu kecil Ana dekat sekali dengan pamannya. Oleh karena itu, Ana selalu senang apabila pamannya datang.

Waktu makan siang sudah tiba. Ana membantu Ummi menyiapkan makanan di atas meja makan untuk makan bersama-sama. Sungguh hari ini Ana senang sekali. Dia tidak henti-hentinya bercerita tentang sekolahnya kepada paman. Sesekali tawa kecil paman membuat rumah sederhana itu penuh dengan rahmat dari Allah.

Sore harinya, Ana diminta Ummi untuk mengantarkan buah mangga dan pisang ke rumah Hilya, adiknya Obi. Ana dengan riangnya mengantarkan buah tersebut ke rumah Hilya. Beberapa saat kemudian Ana sampai, “Assalamu’alaikum, Hilya,? Tanya Ana

“Wa’alaikumsalam, eh ada Neng Ana, ada apa Ana? Jawab Ibunya Hilya sambil membukakan pintu. “Anaa…” sahut Hilya di belakang ibunya.

“Ini bu, ada buah mangga dan pisang dari Paman Ana yang datang dari desa.” Kata Ana.

“Oh iya, MasyaAllah, makasih yah, ayo masuk neng, main bareng Hilya.

Sementara itu, di belakang rumah Hilya terdapat Obi dan Reza yang sedang memberi makan sapi. Obi memang anak yang rajin. Dia selalu bergantian menjaga sapi dengan kakaknya Zein semenjak ayah mereka meninggal. Hari ini Obi dibantu oleh Reza untuk memberi makan sapi. Mereka juga sesekali bermain kelereng di halaman yang luas itu.

Hari beranjak senja. Semua orang kembali ke rumah mereka masing-masing. Ana sehabis main dari rumah Hilya langsung mandi untuk bersiap-siap menunaikan ibadah shalat magrib. Sehabis shalat, Ana belajar mengaji bersama Ummi. Keluarga Anna kemudian makan malam dan beristirahat setelah shalat isya. Malam semakin larut, ana terlelap di tempat tidur.

“Ana, Ana…bangun solehah, sudah azan subuh. Ayo nak bangun, siap-siap berangkat ke Birena.” Kata Ummi. Ana menjawab, “Iya bu.”

Ana berangkat ke Birena. Dia berjumpa dengan teman-teman yang lain. Mereka siap untuk mengaji hari ini. Kegiatan dibuka oleh Kaka Birena. Lalu dilanjutkan dengan senam dan shalat dhuha berjamaah. Setelah shalat dhuha, adik-adik Birena diajak nonton oleh kaka-kaka.

“Kaka, emang mau nonton apa ka?” tanya Obi dan teman-teman yang lain.

“Kita mau nonton berita yang terjadi kepada suadara-saudara kita di Suriah.” Jawab salah satu kaka Birena.

Hari ini kaka-kaka Birena mengajak adik-adik dan remaja untuk turut berduka cita atas kejadiaan yang menimpa umat muslim di Suriah. Warga di sana diserang oleh bom kimia yang sangat berbahaya dikarenakan ulah tangan yang tidak bertanggung jawab dan tidak mempunyai perasaan. Sehabis menonton diadakan doa bersama untuk umat muslim di Suriah kemudian baru beristirahat.

Waktu istirahat sudah selesai. Adik-adik Birena diajak berjalan-jalan mengelilingi kampus IPB. Kali ini kami mengunjungi kandang kuda. Mereka tampak senang sekali melihat kuda-kuda yang sedang makan rumput. Mereka juga ikut membantu kaka-kaka yang ada di sana untuk memberi makan kuda. Sehabis dari kandang kuda, mereka kembali ke aula. Hari init ternyata ada Gina yaitu Gizi Birena. Kaka-kaka Birena sudah memasakan puding rasa cokelat isi buah pisang. Mmmm yummmy…yeay. Setelah makan bersama, tiba waktunya untuk pulang. Alhamdulillah hari ini kegiatan di Birena berjalan lancar waktunya pulang ke rumah masing-masing.

Sehabis pulang dari Birena, Ana bersama Ayah dan Ummi mengantarkan Paman ke stasiun. Paman akan pulang ke desa. Sebelum pulang Paman berkata kepadaku bahwa liburan nanti akan mengajak Ana untuk liburan ke desa. Ana selalu menantikan kedatangan paman ke rumahnya. Kereta yang akan membawa paman akan beranjak. Paman harus segera. “Wa’alaikumsalam paman, hati-hati ya.” Teriak Ana dari kejauhan.

Ayah, Ummi, dan Ana pulang ke rumah. Di mobil, sepanjang perjalanan pulang, Ana bercerita kepada kedua orang tua. “Ayah, Ummi, Allah itu baik banget ya. Buktinya Ana sekarang masih bisa bersama Ummi dan Ayah, masih bisa main, dan makan sedangkan teman-teman Ana di Suriah mengalami ketakutan karena orang-orang yang jahat. Kasian yah Mi, Yah.”

“Iya Ana, kasian, kita harus mendoakan yang terbaik untuk saudara kita yang ada di sana. Allah itu memang baik kita harus bersyukur, nanti kita coba lihat Surah Ibrahim ayat 7, kata Allah kalau kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat tersebut dan apabila kita kufur Allah cuma bilang kalau azab-Nya pedih, makanya ayo bersyukur aja, jangan kufur.

Tettttttttttttttt……bunyi klakson mobil Ayah. Kenapa Yah? Tanya Ana. “Kalau bersyukur bilang apa Ana? Tanya balik Ayah, “ Alhamdulillah.” Jawab Ana. “ Nah, Alhamdulillah kita sudah sampai rumah.” Ayah sambil ketawa, kemudian Ummi dan Ana bilang , “Ayah bikin kaget aja.”

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Bersyukur

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s