KARTINI CILIK


“Jangan takut! Sungguh, engkaulah yang unggul (menang)”. (20:68)


IMG-20170421-WA0014

Ia seorang perempuan biasa, kehidupannya biasa, semuanya serba biasa. Satu hal saja yang membuat hudupnya berbeda dengan perempuan-perempuan lain di zamannya, yang kemudian mengharumkan namanya jauh melampaui masa kehidupannya bahkan masih harum hingga saat ini. Mimpi? Ya, hanya itu lah yang ia miliki dan berkat keteguhannya, namanya diabadikan dalam tanggalan nasional. Hari Kartini seperti yang kita peringati hari ini.

Menyelami kisah keteguhan ibu kartini adalah belajar bahwa tak ada mimpi yang tak dapat diwujudkan. Belajar bahwa perempuan memiliki potensi dan tak ada manusia yang dapat mengekangnya. Sekaligus belajar bahwa keberanian dalam bertindak dapat mengantarkan kita kepada tujuan kita.  

Tapi tulisan ini bukan untuk sekedar mengenang sosok beliau, melainkan sebuah langkah meneladani karakter beliau, terkhusus buat kartini-kartini cilik yang selalu mengahampir Masjid Al Hurriyyah di hari Ahad, mereka tidak memakai kebaya dan konde, melainkan baju muslim  syar’i yang menutupi rambut indah mereka. Para pemimpi yang tak hanya memikirkan diri dan bangsanya tapi juga agamanya.

Setiap anak perempuan berhak untuk bermimpi dan belajar. Bermimpi untuk kehidupan yang lebih baik, belajar sebagai ikhtiar dalam upaya mewujudkannya.  Saat kita sudah bermimpi dan berusaha untuk mewujudkannya jangan pernah takut akan hasilnya karena Allah sendiri sang pemegang keputusan terbaik.

Keteguhan dan keyakinan ibu kartini dalam mewujudkan cita-citanya dapat kita jadikan sebagai bukti bahwa setiap usaha yang dilakukan manusia pasti akan dibayar oleh Allah dengan kesuksesan. Maka tugas kita adalah berusaha dengan sebaik-baiknya, namun jangan lupa untuk bertawakal kepada-Nya.

Dalam agama kita telah ditegaskan bahwa setiap pribadi itu adalah ciptaan terbaik, dalam kata lain kita menyebutnya mahluk unggul. Seperti ayat di bawah ini

قُلْنَا لَا تَخَفْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعْلَىٰ

Kami berfirman, “Jangan takut! Sungguh, engkaulah yang unggul (menang). (20:68)

Ayat tersebut bersifat umum atau tidak memihak pada satu gender saja. Perempuan sebagai salah satu ciptaan Allah juga berhak untuk unggul dalam bidang apapun. Unggul dalam prestasi, unggul dalam berkarya, unggul dalam bidang lainnya. Dalam ayat tersebut Allah juga mengatakan “jangan takut” So jangan pernah takut guys dalam mewujudkan mimpi-mimpi mulia kalian. Tapi tetap harus di ingat ya adalah kebaikan jika kamu bermimpi buat dirimu, lebih baik lagi jika kamu bermimpi untuk bangsamu, dan sangat jauh lebih baik dan mulia lagi saat kamu bermimpi untuk agamamu sekaligus mewujudkannya dengan berani.

Kartini Cilik adalah mereka yang tak hanya bermimpi bagi diri dan bangsanya, tapi juga untuk kemajuan agamanya. Mereka berani mewujudkannya serta teguh dalam melakukan setiap usaha. Ed:AN

Advertisements

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s