Menjadi Muslim yang Cerdas dan Kreatif


Karena kita satu saudara, penuh canda dan tawa, karena kita saling menjaga, dalam suka dan duka…”


Pagi-pagi sekali Reza berteriak, “Assalamu’alaikum Obi, Obi, Bi……ayo berangkat ke Birena, sebentar lagi masuk?. Obi berlari mengambil tas lalu berpamitan kepada ibunya. Mereka berangkat bersama-sama melewati sawah, sungai, dan jalan kecil menuju Birena. “Obi, kamu tahu ga kalau ilmuwan-ilmuwan muslim itu terkenal sekali. Kamu tahu Ibnu Sina, dia adalah seorang muslim yang dikenal dengan Bapak Pengobatan Modern, di dunia barat Ibnu Sina dikenal dengan nama Avicenna.” Kata Reza. “Oh iya za….ko kamu tahu sih?” tanya Obi keheranan. “Iya dong haha…Aku kan diceritain Ayah tadi malam. Jawab Reza sambil ketawa.

Lama berjalan akhirnya mereka sampai ke Birena. Mereka langsung masuk ke aula bertemu dengan teman-teman yang lain. Kegiatan ahadan dimulai dengan semangat.

“Adik-adik?”

“Siap”

“Adik-adik?”

“Siap”

Allahu Akbar

Setelah pembukaan, adik-adik Birena pergi ke lapangan Masjid Al-Hurriyyah untuk senam bersama sedangkan remaja pembukaannya di salah satu ruangan di masjid.

Karena kita satu saudara, penuh canda dan tawa, karena kita saling menjaga, dalam suka dan duka…”

Lagu itu membakar semangat kaka-kaka dan adik-adik Birena untuk memulai ahadan hari. Gerak-gerik lucu membuat mentari ikut tersenyum ria melihat anak-anak manusia yang hanya ingin mengharapkan ridha dari Allah semata. Setelah senam, kegiatan selanjutnya adalah shalat dhuha berjamaah di aula. Semua adik-adik mengikuti shalat berjamaah dengan hikmat.

Kegiatan pembinaan minggu ini adalah Biah (Bimbingan Alquraniyah) tentang makhrijul huruf alif sampai kho. Mereka belajar mengaji bersama Kaka-kaka Birena. Mengaji bersama dalam satu lingkaran akan membangun persaudaraan erat antara adik dan kaka Birena.

Setelah belajar membaca Alquran, kegiatan selanjutnya adalah Kuis Bintang Birena. Adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian menjawab soal kuis bersama. Setiap minggu kuis ini dilaksanakan dan poin benarnya akan diakumulasikan sebelum akhir semester. Kemudian minggu ini Kaka-kaka Birena mengajak membuat kincir angin dari kertas origami. Adik-adik dilatih kreativitasnya, karena menjadi seorang muslim juga harus kreatif agar bisa menghadapi perkembangan dunia saat ini. Adik-adik sangat senang membuat kincir angin.

“Mba, aku buat dua loh mba.” Kata Ana. “Aku juga Mba…..” sahut yang lain. Mereka berlari-lari mengelilingi aula sambil memegang kincir angin dengan harapan melihatnya berputar.

Kegiatan ahadan ditutup oleh Kaka Birena. Semua adik-adik dipulangkan dalam barisan yang rapi. Mereka tidak lupa untuk bersalaman dan berpamitan dengan semua Kaka-kaka Birena. Mereka pulang ada yang jalan kaki, pakai sepeda, dijemput dan naik angkot.

Ketika sampai di rumah, Obi bertanya kepada ibunya, “Bu, umat Islam ga kalah sama orang barat kan Bu yah?”. Ibu menjawab, “Tidak ko anakku, malahan Islam itu mengajak umatnya untuk menuntut ilmu yaitu dalam surah”…. “Al-Mujadillah ayat 11 Bu” sahut Obi. “Mmm…pintar anak ibu, menuntut ilmu agama maupun ilmu dunia, tapi ingat harus seimbang ya. Obi harus tahu ilmuwan-ilmuwan yang terkenal banyak yang muslim seperti Al-Khawarizmi yang nemuin rumus phytagoras pada segitiga terus ada Ar Razi yang menemukan alkohol, mempelopori dunia bedah dan masih banyak lagi ilmuwan muslim lainnya. Jadi kita sebagai umat muslim tidak boleh kalah dengan perkembangan dunia yang sangat pesat. Kita harus bersaing secara sehat dengan tidak melupakan tugas utama kita adalah beribadah dan semua aktivitas kita diniatkan karena Allah SWT.

“Iya Ibuku sayang.” Kata Ka Zein yang baru saja datang. Kemudian Ka Zein bercerita bahwa remaja Birena tadi diajak jalan-jalan ke sebuah peternakan sidat. Mereka tadi dijelaskan bagaimana cara beternak sidat dan turun langsung melihat. Pemilik dari peternakan ini juga seorang muslim. Oleh karena itu, ayo menjadi muslim yang cerdas dan kreatif

“Pantesan tadi kaka ga kelihatan di masjid ternyata jalan-jalan.” Kata Obi

“Iya Bi, hahha.” Jawab Ka Zein sambil menggelitiki adiknya.

Advertisements

2 thoughts on “Menjadi Muslim yang Cerdas dan Kreatif

  1. Birena Alhurr kereen,,!! Semoga apa yang semua kakak-kakak rintis hari ini, mampu menjaga eksistensi adik-adik Birena sebagai muslim sejati nantinya,, Terimakasih banyak,, Semoga Allah senantiasa memberkahi kakak-kakak semua,, Amin

    Like

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s