Sedikit Cerita Apa Itu Liburan Produktif?

■ Nasikhudin 


    “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya yaitu kesehatan dan waktu luang”. ( HR Bukhori, no 5933)


      Assalamu`alaikum wr. wb.

      Berbicara liburan tentu kita tak asing lagi mendengar kata tersebut. Liburan adalah suatu hal yang sangat dinanti-nantikan atau di tunggu oleh banyak orang, tak terkecuali oleh mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, mahasiswa selalu sibuk dengan segala aktivitas sehari hari seperti : kuliah, praktikum, tugas, laporan, praktik lapang, organisasi dan sebagainya. Oleh karena itu ketika liburan telah tiba kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Tentunya akan muncul pertanyaan seperti, bagaimana cara kita agar liburan menjadi produktif? Dan tentunya kita tidak lupa atas nikmat Allah yang telah di berikan yaitu nikmat sehat dan nikmat waktu luang. kedua nikmat ini sering kita tidak sadari, tanpa nikmat sehat kita akan terganggu dalam menjalankan aktivitas atau rutinitas sehari-hari dan terasa tidak mengenakan. Maka kita sepantasnya untuk bersyukur atas nikmat sehat yang telah diberkan oleh-Nya dengan cara memanfaatkan kesehatan yang telah diberikan kepada kita melalui kegiatan yang bermanfaat dan kebaikan. Begitu pula dengan nikmat liburan semester ini. Kita memiliki waktu luang yang lebih. Maka sudah selayaknya kita menggunakan waktu dengan kegiatan bermanfaat dan kebaikan, bila ada kegiatan bermanfaat mengapa harus tidur seharian atau main game tanpa ingat waktu?

      Dari Ibnu Abbas, dia berkata : Rasululloh SAW bersabda yang artinya : “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya yaitu kesehatan dan waktu luang”. ( HR Bukhori, no 5933)

      Mari kita sama sama bahas hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu 

      liburan agar liburan kita produktif. 

      1. Membantu orang tua

      Dimulai dari hal yang sederhana, membantu orangtua adalah kewajiban bagi kita sebagai salah satu bentuk bakti kepada orang tua. Ketika waktu libur telah tiba tentunya kita pernah menjumpai pertanyaan seperti kapan kamu libur nak? Kapan kamu pulang nak? Liburnya sampai kapan nak? Pertanyaan itu yang seringkalli kita terima ketika kita sudah jauh dari orangtua. Pertanyaan itu mewakili hati orang tua kita akan rasa rindunya terhadap anaknnya. Dengan harapan anaknya bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga. Namun, ketika kita sudah kumpul jangan engkau menyusahkan orang tua. Jangan jadikan liburan kita di rumah hanya memberatkan orangtua. Setidaknnya kita bisa meringankan beban orangtua. Sederhana saja untuk membantu orangtua, mulai dari membereskan dan bersih-bersih rumah, membantu ibu menyiapkan makan keluarga, membantu pekerjaan orang tua, dan lain sebagainya.

      2. Belajar design grafis

      Di zaman yang modern ini siapa yang tak tau design grafis? Mungkin diantara kita sudah tau apa itu design grafis. Yang jadi pertanyaannya, sudahkah kalian bisa membuat design dengan menggunakan progam design grafiis? Saat ini sudah kita sama-sama sadari betapa pentingnya ilmu design grafis. Contoh singkatnya saja, teman-teman sebagai mahasiswa yang mengikuti Pekan Kreatifitas Mahasiswa tentunya keahlian di bidang ini sangat diperlukan. Sperti kata dosen “ kalau kalian ikut PKM usahakan satu diantara anggota kalian ada yang bisa design”. Keahlian design grafis dalam PKM sangat diperlukan untuk pembuatan design berkaitan dengan karya tulis yang dilombakan. Misalnya PKM Kewirausahaan tentunya membutuhkan design produk atau kemasan produk makanan atau minuman. Design grafis juga sangat di butuhkan dalam organisasi, dan lomba lainya seperti lomba poster. Untuk kalian yang belum bisa design grafis, mari kita manfaatkan momen liburan ini untuk mengenal dan belajar design grafis. Kalian bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan internet sebagai guru kalian. Kalian juga bisa minta teman untuk mengajarinya, atau memanfaatkan media sosial untuk bergabung dengan komunitas design grafis, kalian bisa bertanya-tanya tentang design disitu. Dengan cara ini mungkin akan bisa mengisi liburan dan waktu luang anda dengan kegiatan bermanfaat sehingga menjadikan liburanmu lebih produktif.

      3. Belajar bahasa inggris

      Bahasa inggris dikenal sebagai bahasa internasional. Untuk kalian yang sudah mahir berbahasa inggris tidak akan menjadi masalah. Tetapi buatsebagian orang yang belum pandai berbahasa inggris ini akan menjadi sebuah tantangan. Tentunya sangat disarankan kepada kita untuk belajaragar kemampuan kita berbahasa inggris meningkat. Bahasa inggris mempunyai peran yang sangat penting, terlebih jika kalian berencana melanjutkan study di luar negeri. Selain prestasi akedemik, keahlian berbahasa inggris tentu menjadi penilaian utama. Untuk belajar bahasa inggris kalian bisa dating ke Kampung Pare, Kediri, Jawa Timur. Kalian bisa memanfaatkan momen liburan ini untuk berkunjung kesana. Tentunya dengan harapan setelah beberapa minggu disana kemampuan berbahasa inggris meningkat. Kalian juga bisa kursus berbahasa inggris atau belajar secara otodidak.

      4. Ikut kepanitian

      Dengan mengikuti kegiatan kepanitian, kalian bisa mengisi waktu liburmu dengan kegiatan yang beranfaat. Misalnya kalian ikut paniti MPKMB yang merupakan kepantiaan terbesar yang ada di IPB. Dengan mengikuti kepanitian ini banyak manfaat yang kalian dapat seperti meningkatkan soft skill, pengalaman baru, wawasan dan pengetahuan baru, serta teman baru. Dengan mengikuti kegiatan ini artinya kalian sudah berperan dan berdampak secara langsung demi suksesnya acara tahunan untuk menyambut mahasiswa baru kampus ini.

      5. Magang 

      Istilah magang bagi mahasiswa sudah tak sing lagi, terlebih untuk mahasiswa yang sudah menjalani kehidupan kampusnya di fakultas masing-masing. Magang merupakan suatu sarana bagi mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dengan cara menerapkan langsung ke dunia kerja di perusahaan atau instansi tertentu. Magang bisa dilakukan ketika waktu liburan liburan semester, sehingga akan mengisi waktu liburanmu dengan kegiatan yang produktif. Kegiatan aging ini akan banyak memiliki manfaat diantaranya pengetahuan baru, melatih soft skill, pengalaman baru, dan melatih diri ke dunia kerja.

      6. Menghafal Al Qur’an

      Menghafal al qur`an merupakan kegiatan yang mulia dan bermanfaat untuk dunia akherat. Menghafal Al Qur`an bukanlah kegiatan yang mudah. Untuk bisa menghafal ayat ayat Al Qur`an memerlukan waktu yang tidak singkat. Oleh karena itu, orang-orang terpilih dari Allah akan memanfaatkan momen liburan ini untuk menghafal Al Qur`an lebih giat, karena waktu yang tersedia jauh lebih banyak. Untuk bisa melakukannya, kalian tentunya membutuhkan niat, kemauan, komitmen. Niat yang ikhlas harus kita tetap dijaga agar hafalan kita tetap terjaga sehingga akan mebawa keberkahan dan manfaat dunia akhirat. Niat tanpa adanya kemauan dari diri sendiri mungkin tidak akan berjalan. Untuk itu setelah niat ikhlas karena Allah selanjutnya kita harus mempunyai kemauan untuk melakukannya. Setelah kita mempunyai bekal niat dan kemauan, maka yang harus ada pada diri kita yaitu komitmen. Komitmen ini penting agar bisa menjaga hafalan. Dengan komitmen yang tinggi rasa semangat untuk terus menghafal selalu ada pada diri kita. Tidak ada istilah berhenti menghafal di tengah jalan.

      Demikian sedikit penjelasan tentang liburan produkti yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburanmu. Kamu bisa memilih salah satu atau lebih untuk bisa mengisi waktu liburmu. Jangan sampai waktu yang begitu banyak kamu tidak dapat memanfaatkannya dengan baik, kelak kamu akan menyesal dikemudian hari. 

      Wasalamu`alaikum wr. wb.

      Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

      Google photo

      You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

      Connecting to %s