Event of Birena

Assalamu’alaikum warahmatulloh Wabarokatuh

Alhamdulillah Ahad 26 september kemarin BIRENA telah melaksanakan acara EOB (Event Of Birena). Acara ini adalah acara belajar bersama dan bermain yang dikemas sangat asyik bertemakan “Kolaborasi kebaikan untuk mewujudkan semangat perjuangan untuk meraih ridha-Nya”. Acara ini tidak hanya diiikuti oleh adik birena tapi dari adik-adik dari lembaga lain yakni santri TPA Baiturahhim dan adik IPB Mengajar. Acara dimulai pukul 07.45, dibuka oleh MC kece yaitu kak Teguh. Dibuka dengan tilawah, acara dilanjut dengan sambutan oleh ketua pelaksana EOB Yaitu kak Naufal Ibrahim dan Kepala Sekolah Birena, ka Fakry. Setelah sambutan selesai, dilaksanakan sholat dhuha berjamaah. Didampingi oleh kakak pembina, adik-adik diajarkan tata cara berwhudu yang benar terlebih dulu. Agenda berikutnya yaitu ada tausyiah dari alumni kakak Birena yakni kepsek BIRENA Alhurriyah 2015, kak Dika. Kak Dika menyampaikan materi tentang kolaborasi dalam kebaikan. Beliau menyampaikannya dengan semangat dan ceria sehingga adik-adik sangat antusias menyimak apa yang di sampaikan. 

Setelah mendapatkan tausiyah dari kak Dika, acara selanjutnya yaitu games. yeayyy… Namun sebelum games dimulai adik-adik dibagi ke dalam beberapa kelompok dan mendengarkan pengarahan dari kaka pembina. Games nya terdiri atas 5 pos. Pos pertama yaitu tebak tokoh. Di pos ini adik-adik diminta untuk menebak tokoh pahlawan Indonesia. Esensinya yaitu mengajarkan adik untuk mengenal tokoh nasional yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan. Pos kedua yaitu Tali Kusut. Pada pos yang kedua ini adik-adik harus mencari tahu bagaimana cara untuk terbebas dari tali yang melintang di badan mereka. Esensinya yaitu melatih adik untuk bekerjasama mengatasi sebuah permasalahan yang dihadapi bersama-sama. Pos ketiga yaitu Suara Hewan. Disini pembina pendamping meyuarakan bunyi binatang tapi dari tempat kejauhan lalu adik-adik yang telah menutup mata berusaha mencari tempat sumber suaranya. Esensinya yaitu melatih kepekaan adik terhadaplingkungan sekitar. Pos keempat yaitu Kereta balon. Pada pos ini adik-adik berbaris panjang kebelakang. Lalu, mereka harus melindungi dan menjaga balon yang berada diantara mereka supaya tidak jatuh dan pecah. Esensinya adalah melatih adik untuk menjaga sebaik mungkin titipan yang telah diberikan kepada mereka. Pos yang terakhir yaitu tebak profesi. Pos terakhir ini pendamping kelompok memperagakan beberapa profesi yang harus ditebak oleh adik. Esesnsinya yaitu melatih pemahaman adik tentang profesi dan cita-cita mereka. Itulah rangkaian games yang dimainkan oleh adik. Sangat seru dan penuh semangat. Apalagi ada hadiah reward bagi pemenang di setiap posnya. Setelah permainan selesai, seluruh adik dan pembina melaksanakan ISHOMA. 

Acara selanjutnya adalah kreativitas. Kreativitas Kali ini sangat spesial, yaitu membuat dream mapping. Dream mapping yang dibuat berupa cita-cita dan apa saja yang akan dilakukan ketika cita-cita itu terwujud. Sebelum dream mapping dimulai, ada sebuah penampilan hadroh yang dimainkan oleh adik dari TPA Baiturrahim Dan IPB Mengajar. Dengan terampilnya, mereka memainkan alat hadroh.. Setelah itu, kreativitaspun dimulai. Yeaay… Adik-adik sangat antusias dalam mengerjakannya, terlihat dari senyuman yang menghiasi wajah mereka. Berbagai cita-cita yang diwakilkan dengan warna tertuang diatas selembar kertas putih. Ada yg ingin menjadi pilot, guru, masinis dan lainnya. Beberapa adik ikhwan bahkan bercita-cita menjadi ustadz, Masyaa Allah. Adik didampingi oleh pembina dalam mengerjakan kreativitas ini. Ketika mereka bingung dengan cita- citanya, Kaka-Kaka pembina membantu mengarahkan dan bahkan ada yg ngebantu ngegambarin hehe…. Semoga cita cita yang telah ditulis dan digambarkan dapat terkabul ya. Aamiin.

Setelah kreativitas, Ada sebuah persembahan dari kastrat (Kajian Strategis). Kastrat time kali ini tidak diketahui oleh seluruh pembina, karena ada surprise untuk pembina dalam menyambut hari guru yang bertepatan sehari sebelum EOB. Kastrat membuat sebuah video yang mengharukan. Video tersebut berisi Kumpulan dokumentasi kegiatan birena yang telah dilaksanakan dengan diiringi lagu haru. Sebelumnya, seluruh adik diminta keluar dan hanya Kaka-Kaka pembina saja yang berada di dalam. Beberapa Kaka pembina terlihat menitikan air mata. Ketika video sudah mau habis, seluruh adik masuk dan membawa bunga untuk Kaka-kaka pembina sambil megucapkan terimakasih sehingga menambah keharuan sekaligus kebahagiaan yang terlihat dari wajah wajah Kaka-Kaka pembina. Sebelum acara ditutup ada pengumuman hadiah untuk pemenang games dengan bintang terbanyak. Horeee… Kelompok adik ikhwan dimenangkan oleh kelompok Khalid bin walid sedangkan kelompok akhwat dimenangkan oleh kelompok Sumayyah. 

Lalu ada penyerahan piagam ucapan terimakasih kepada lembaga TPA Baiturrahim dan IPB Mengajar atas partisipasinya dan semoga tahun depan dipertemukan kembali. Terakhir, acara ditutup dengan do’a yang sangat khusyu yang dipimpin oleh salah satu Kaka pembina. Alhamdulillaah… Semoga rangkaian acara EOB ini dapat memberikan kebermanfaatan ya… Aamiin.

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s