BERHIJAB YUK SOLEHAH

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

“Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita solehah.”

Kita sering mendengar pernyataan tersebut, tapi apakah kita memahami hingga mengamalkannya atau justru hanya terdengar sebagai nasihat belaka. Pernyataan tersebut adalah salah satu hadits yang paling sering kita dengar apabila membahas atau berdiskusi tentang wanita apalagi wanita solehah.

Jika melihat kehidupan masyarakat di sekitar, banyak kita jumpai kaum wanita keluar rumahnya dengan tidak mengenakan jilbab, atau bahkan memakai rok mini yang mengumbar aurat mereka, begitu pula kaum pria, banyak di antara mereka tidak menutup aurat. Anehnya, keadaan itu dianggap biasa, tidak dianggap sebuah kemaksiatan yang perlu diingkari. Seakan menutup aurat bukan sebuah kewajiban dan membuka aurat bukan sebuah dosa. Bahkan sebaliknya, terkadang orang yang menutup auratnya dianggap aneh, lucu dan asing. Inilah fakta yang aneh pada zaman sekarang. Kenapa bisa seperti itu? Jawabnya, karena jauhnya mereka dari agama Islam sehingga mereka tidak mengerti apa yang menjadi kewajiban termasuk kewajiban menjaga aurat.

Apa maksud dari hadits di atas? Ya, memang sebaik-baik adalah wanita solehah. Wanita solehah adalah wanita yang mampu menjaga dirinya secara jasmani maupun rohaninya. Untuk kekuatan jasmani kita dapat menjaga diri dengan merawat tubuh seperti olahraga secara rutin dan makan makanan yang bergizi. Tidak harus mahal yang penting sehat dan halal. Sedangkan untuk kekuatan rohani dapat didapat dari suatu kegiatan yang dapat meningkatkan ruhiyah kita seperti mencari ilmu agama dan amalan ibadah kita yang nantinya akan semakin mendekatkan diri kita kepada sang Khaliq. Sebagai wujud wanita solehah, kita harus senantiasa menjaga pribadi identitas keislaman kita yang salah satunya dengan cara menutup aurat. Dalam Al-Qur’an, Allah telah menjelaskan tentang perintah menutup aurat

Bahkan Allâh Azza wa Jalla memerintahkan kepada istri-istri nabi dan wanita beriman untuk menutup aurat mereka sebagaimana firman-Nya :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka!” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [al-Ahzâb/33:59]

Telah jelas perintah Allah yang difirmankan dalam Al-Qur’an tersebut bahwasanya sebagai perempuan kita dianjurkan untuk menutup aurat yaitu dengan berjilbab. Jangan pernah menganggap bahwa menutup aurat nantinya kecantikan yang dimiliki oleh perempuan akan tertutupi. Justru dengan berhijab, kecantikan seorang wanita itu akan semakin terpancar indah.

Berikut adalah penjelasan mengenai keutamaan dan keuntungan menutup aurat.

Keutamaan Menutup Aurat

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga memerintahkan kaum wanita untuk menggunakan hijab sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala (yang artinya),

“Dan katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (Q.S An-Nur: 31)

1. Hijab Itu Adalah Ketaatan kepada Allah dan Rasul

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mewajibkan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya

2. Hijab Itu ‘Iffah (Kemuliaan)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan kewajiban menggunakan hijab sebagai tanda ‘Iffah (menahan diri dari maksiat).

3. Hijab Itu Pelindung

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda (yang artinya), “Sesungguhnya Allah itu malu dan melindungi serta menyukai rasa malu dan perlindungan”

4. Hijab Itu Iman

Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak berfirman kecuali kepada wanita-wanita beriman (yang artinya), “Dan katakanlah kepada wanita yang beriman.” (Q.S. An-Nur: 31)

5. Hijab Itu Haya` (Rasa Malu)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda (yang artinya), “Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.”

Manfaat Menutup Aurat

  1. Nyaman di Tubuh

Apabila kita mengenakan pakaian secara syar’i seperti pakaiannya longgar hingga menutup panggul dan jilbabnya menutupi dada maka kulit kita tidak akan menjadi sesak. Angin yang berhembus akan menyentuh pori-pori kita yang akan membuat kulit kita menjadi sehat.

  1. Tidak Diganggu

Dengan adanya pakaian yang sopan dan menutup aurat, bentuk lekuk tubuh kita tidak akan terlihat secara gamblang. Padahal seorang lelaki apabila sudah melihat bentuk tubuh seorang wanita, mereka akan mempunyai pemikiran yang macam-macam. Sehingga dengan menutupi aurat yang tidak tampak akan membuat kita terganggu.

  1. Aman dari Pandangan Bukan Mahrom

Aurat wanita hanya halal apabila diberikan untuk suaminya. Selain itu (bukan mahram) maka Allah mengharamkannya. Bukankah pada zaman yang serba mewah dan konsumtif ini para perempuan lebih bebas memperlakukan tubuh mereka. Semoga tidak dengan kita. Seharusnya kita kasihan terhadap para lelaki yang semakin bertambah dosanya apabila kita memakai pakaian yang tidak syar’i.

  1. Dekat dengan Allah

Apabila kita menutup aurat pasti akan terbawa pada arus kebaikan. Sebagai contoh seperti mengikuti pengajian/tatsqif, mengajar ngaji dan terus beribadah. Sehingga kita akan senantiasa mendekatkan diri kita kepada Allah.

  1. Menjadi Lebih Penasaran dengan Islam

Dengan kita menutup aurat, kita akan menuntut banyak ilmu dari Islam itu sendiri. Padahal ilmu itu tidak cukup jika hanya dipelajari dengan hal-hal kecil. Dengan adanya hal tersebut kita akan selalu penasaran tentang ilmu-ilmu baru dalam Islam. Termasuk tentang siroh para Nabi, Shahabiyah, dan pengikutnya.

  1. Bebas Gerak Kecuali Hal Negatif

Kita akan bebas gerak karena tidak ada gangguan, dekat dengan Allah dan selalu ingin berbuat kebaikan. Sehingga kita akan terbiasa dengan akhlak-akhlak yang mahmudah dan menjauhkan diri dari hal yang negatif.

  1. Mengenal Karena Ciri

Dengan orang melihat kita mengenakan pakaian secara syar’i, maka mereka akan mengetahui bahwa kita adalah orang Islam. Berbanggalah bila kita memiliki identitas agama Islam karena Islam adalah rahmatallil ‘alamin.

  1. Terhormat dan Anggun

Dengan kita menjaga diri dari segala gangguan, insyaalllah kita akan terjaga dan terhormat. Sehingga kecantikan pada hati kita akan terpancar dari segi perilaku dan busana kita. Kita akan menjadi orang yang anggun secara alamiah.

 

Hikmah dari Firman Allah,

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ

”Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera.” (QS. An Nuur: 2)

Dalam ayat ini Allah menyebutkan seorang pezina perempuan terlebih dahulu daripada pezina laki-laki. Karena dalam perzinaan, seorang wanitalah yang menentukan akan terjadi atau tidaknya perzinaan. Ketika seorang wanita membuka hijabnya dan membuka dirinya untuk berdua-duaan dengan seorang lelaki, maka wanita ini telah membuka pintu selebar-lebarnya untuk terjadinya perzinaan! Wallahul musta’an.


“Sebaik-baik manusia ialah mereka yang paling mulia akhlaknya.”

Ketika seorang wanita meniatkan diri untuk berhijab ketika telah menikah dengan niat meringankan dosa yang harus ditanggung oleh suaminya, namun tidak pernahkah terpikir begitu banyak dosa ketika kau tidak berhijab dan itu semua harus ditanggung oleh ayahmu tercinta.

Muslimah berhijab bukan berarti malaikat, namun ia berusaha taat kepada Allah Ta’ala, karena berhijab adalah kewajiban, bukan pilihan.

Wanita yang menutupi tubuh mampu mendatangkan pria yang mencintainya dengan hati.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Gemar-2018

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s