[Hari Air Sedunia, Ada Apa Dengan Sanitasi Bagi Anak-Anak?]

Minum dengan bismillah,
Minum dengan tangan kanan,
Minumnya dihabiskan
seperti rasulullah……

وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ

Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup”  (QS.21:30)

Assalamualaikum sobat Birena, setiap tanggal 22 Maret ditetapkan sebagai hari air sedunia. Nah bertepatan dengan itu mari kita pahami pentingnya sanitasi bagi anak-anak sesuai yang akan dibahas berikut ini, dibaca sampai habis ya…

Air merupakan sumber kehidupan. Tak mengherankan bila ada satu hari khusus yang didedikasikan untuk mengapresiasi betapa pentingnya keberadaan air bersih, yaitu Hari Air Sedunia. World Water Day atau Hari Air Sedunia merupakan perayaan tahunan dan sekaligus menarik perhatian masyarakat global mengenai pentingnya air bagi kehidupan dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

“Dan kebersihan itu sebagian dari iman”

Seperti yang telah disebutkan dalam hadist riwayat Muslim diatas, Pendidikan mengenai kebersihan dan sanitasi sejak dini kepada anak-anak sangatlah penting. Mengingat menurut data WHO  pada tahun 2007 ada 100.000 anak Indonesia meninggal akibat diare dan cacingan 40-60% setiap tahunnya. Pada tahun 2008 penyakit terkait air, sanitasi, dan higienis menyumbangkan 3,5 persen dari total kematian di Indonesia. Sementara Riskesdas 2007 menyebutkan, diare menjadi penyebab kematian pertama balita dengan kisaran 25 persen. Waah, cukup menakutkan ya…

Anak-anak rentan sekali terserang penyakit menular, apalagi penyakit yang disebabkan karena sanitasi yang buruk seperti cacingan, diare, scabies, gatal-gatal dan lain-lain. Oleh sebab itu perlu sekali pendidikan mengenai sanitasi kepada anak, contoh kecilnya adalah mengajarkan anak cara mencuci tangan yang baik dengan sabun, mengajari anak agar tidak malas mandi, cuci tangan sebelum makan, dan banyak lagi.

Anak-anak  adalah asset bangsa yang wajib kita jaga, cintai, dan lindungi sebagai pemimpin bangsa di masa depan. Mengajari anak mengenai pentingnya sanitasi sejak dini merupakan salah satu wujud cinta kita kepada mereka. Jadi tunggu apalagi yuk kakak kita jaga kebersihan air sekarang juga..

Referensi : http://www.depkes.go.id/article/print/2046/anak-anak-rentan-terhadap-efek-sanitasi.html

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s