Ahadan Ceria dan Puncak Perayaan Hari Pendidikan Nasional bersama BEM KM IPB

“Dari Kuis Birena, Perayaan Puncak Hari Pendidikan Nasional Bersama BEM KM IPB, hingga Cucurak Seru Bareng Ibu-Ibu di Forum Orang Tua 2”

Assalamualaikum sobat birena, For your information ya guys, rubrik ahadan ceria atau press releasenya ahadan birena yang biasanya di ig akan di post di blog ini kedepannya ya. Kali ini ada banyak kisah yang sayang untuk di lewatkan, Jadi pantengin terus blog ini yo sob.

Gimana? Penasaran sama apa aja keseruan yang terjadi di ahadan kemarin? Cekidot simak penuturan kolaborasi 3 admin Ana, Obi, dan Reza berikut ini…

6/05/2018.
Ahadan Ceria

Ahadan dibuka dengan opening dan candy morning motivation (cimomon) seperti ahadan-ahadan sebelumnya. Cimomon kali ini membuat adik-adik bersemangat untuk mengikuti agenda ahadan selanjutnya yaitu senam. Senam wajib di ikuti oleh semua adik birena agar tetap sehat dan bugar setiap harinya. Setelah senam adik-adik dihibur dengan games rangking 1 games ini membuat adik adik tambah bersemangat setelah senam yang cukup membakar kalori. Setelah senam tibalah waktunya untuk shalat dhuha bersama-sama. Shalat dhuha secara bersama-sama ini dilakukan agar pembina bisa memeriksa salah atau benarnya gerakan dan bacaan sholat adik-adik. Selesai shalat dhuha adik-adik kemudian menghafalkan doa setelah sholat dhuha beserta artinya agar adik-adik dapat mengetahui makna dari solat untuk meminta rezeki ini.

Suasana setelah senam

Dan it is time to kuis. Dengan kuis ini diharapkan adik-adik dapat me-review kembali materi-materi biru dan biah yang sebelumnya sudah di ajarkan pembina. Selain itu quis ini juga untuk mengukur sejauh mana kemampuan adik. Kuis kali ini di lakukan secara lisan. Adik-adik secara bergantian diuji oleh wali kelasnya masing-masing. Alhamdulillah kuis hari ini dapat berjalan dengan lancar dan adik-adik dapat melewatinya dengan baik insyaallah.

Setelah kuis yang cukup melelahkan akhirnya adik-adik bisa beristirahat yeyy. Waktu istirahat adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh adik birena. Pada waktu istirahat adik-adik dapat mengisi lagi energi yang terkuras sebelumnya. Ada yang membeli cilok dan es yang bewarna-warni. Setelah istirahat ini agenda dilanjutkan dengan icebreaking, materi biru + biah seperti biasa,nonton film sahabat rasullullah, dan akhirnya Penutupan + sholat dzuhur berjamaah di masjid Al Hurriyyah.

Kalau kakak-kakak remaja hari ini ngapain aja ya?. Hari ini agenda ahadan kakak-kakak remaja adalah Ngeteh + diskusi, pembukaan + AMT , kuis (ternyata kakak-kakak remaja juga ada kuisnya), Istirahat dan Sholat Dhuha, ice breaking, biah + biru, nonton film / take video, Pengumuman dan pulang, sholat dzuhur berjamaah di Mesjid Al Hurriyyah IPB.

Oh iya pas istirahat kakak-kakak humed lagi ngadain Fortu bareng mamah-mamah adik dan remaja Birena, kira-kira kisah nya seperti di bawah ini ya kakak-kakak

Seperti biasa fortu kali ini di dominasi oleh kaum ibu-ibu. Agenda fortu kali ini adalah sharing-sharing tentang birena bersama ibu-ibu dan tentunya cucurak…

Fortu di mc in oleh kak Aa, dan dimulai sekitar jam 8 an, pada sesi sharing-sharing ibu-ibu dibagi menjadi 2 kelompok kecil agar sharing nya berlangsung intensif. Satu kelompok bersama kepala sekolah kita yaitunya ka Engkay, dan satu kelompok lagi bersama mba Evi. Dan terjadilah perbincangan seru yang penuh pelajaran bagi birena itu. Ada ibu-ibu yang mengaku sudah 7 tahun mengantar anak-anaknya ke birena dari TK sampai sekarang anaknya udah mau masuk SMP. Ibu tersebut yang tidak mau disebut namanya menceritakan perkembangan birena dari tahun ke tahun. Ibunya juga tahu persis perbedaan karakter pembina setiap tahunnya “Kalau pembina sekarang banyak yang baik-baik dan pemalu, kalau dulu pembinanya tegas dan lucu-lucu” begitu kira-kira penuturan sang Ibu. Ada juga ibu-ibu yang bercerita perkembangan anaknya setelah mengikuti birena, dan banyak lagi hasil sharing-sharing lainnya yang tidak bisa dituliskan disini ya kak, kalau penasaran silakan hubungi kak engkay dan mba evi ya…

Suasana cucurak yang menyenangkan.

Dan akhirnya sesi yang ditungu-tunggu datang juga. It is time to “Cucurak”. Ruangan aula disiapkan untuk makan-makan bareng. Kertas nasi dikembangkan memanjang agar suasana kebersamaan lebih terasa. Ada nenek adik yang memasak tungri (jantung teri), gado-gado, ayam kecap, ikan balado, dan menu-menu khas rumah lainnya. Suasana ruangan aula berubah menjadi kebersamaan yang kental. Adik-adik yang kebetulan istirahat ikut nimrung bersama pembina dan ibu-ibu makan-makan bareng. Moment ini menjadi wadah bagi ibu-ibu, pembina birena untuk saling mengakrabkan diri. Semoga silaturrahmi kita abadi sampai ke Syurga-Nya kelak ya. Amin.

The last but not the least, pada saat makan-makan berlangsung terjadilah percakapan itu. Tiba tiba oma (neneknya salsabila adik ibtida tsani) nyeletuk…

Oma: “Mba, oma pengen deh ntar cucu oma, oma kasih nama ambia kayak kak ambia

Pembina : “kenapa oma?”

Oma : “iya biar kayak kak ambi*a, baik, ramah, pinter, sholeh, ganteng lagi…

(kami semua pembina tertawa terbahak-bahak bersama ibu-ibu)

Sekian dulu ya ahadan ceria dan cerita fortu hari ini, semoga moment ini dapat menyatukan hati orang tua, pembina dan adik birena tentunya sehingga birena dapat terus membina adik-adik dan remaja semua dengan baik. Dan semoga harapan oma agar punya cucu seperti kak abia segera diwujudkan Allah SWT amin…

Sampai ketemu di ahadan depan ya kakak-kakak

Puncak Perayaan Hari Pendidikan Nasional Bersama BEM KM IPB

Setelah mengisi stand di kortan dalam rangka memperkenalkan birena kepada Mahasiswa IPB , Birena di undang kembali oleh BEM KM dalam perayaan Hardiknas pada 6 Mei 2018. Bertepatan dengan hari minggu, maka kegiatan ini beriringan dengan kegiatan Ahadan Birena. Adik – adik birena baru bisa bergabung sekitar pukul 09.00, sedangkan perayaan hardiknas yang dimulai 08.00. Hal tersebut dikarenakan adik mengikuti kegiatan ahadan terlebih dahulu, dari cimomon, senam, dan kegiatan rutin yang tidak bisa dilewati yaitu shalat dhuha.

Kegiatan puncak perayaan hardiknas terdiri dari outbond/games dan menulis mimpi yang akan diterbangkan dengan balon-balon warna-warni. Selain birena, adik-adik dari BAF (Bentang Asa Foundation) dan RH ( Rumah Harapan ) juga mengikuti kegiatan ini. Birena mengirimkan delapan perwakilan yang terdiri dari 4 ikhwan dan 4 akhwat. Bagas, Faik, Tisna, dan Fikri, adalah perwakilan adik ikhwan kelas 6 yang baru saja menyelesaikan Ujian Nasional. Sehingga, mereka dengan senangnya mau mengikuti kegiatan ini (refreshing setelah ujian). Annisa, Najwa, Muti dan Eliza, adalah perwakilan adik akhwat kelas 5. Kedelapan adik birena dijemput oleh teman-teman BEM KM menuju taman di dekat koin IPB.

Setelah sampai, Kak Andika (Menteri Sosmas BEM KM) memimpin ice breaking dengan permainan “Bapak Berkata”. Permainan “Bapak Berkata” ini, selain mencairkan suasana adik antar lembaga, membuat adik berkelompok – kelompok untuk melanjutkan kegiatan outbond . Empat kelompok yang terbentuk, yaitu kelompok Gledek, Petir, Mobile Legend dan AOV. Setiap kelompok terdiri dari adik yang berbeda lembaga.

Permainan/Outbond pertama adalah “Loncat Bersama”. Adik – adik harus saling berpegangan pundak dan mendengarkan intruksi dari Kak Ucup (Menteri Pedidikan Prestasi BEM KM). Ketika Kak Ucup bilang “Mobil”, maka adik – adik harus loncat serentak ke depan, “Motor” ke belakang, “Bemo” ke kiri, dan “Becak” ke kanan. Senyum dan tawa terlihat dari wajah adik-adik karena terjadi perbedaan arah loncatan setiap adiknya.

Permainan/ Outbond selanjutnya adalah “Eat bulaga”. Sebuah permainan yang pernah menjadi tontonan di salah satu TV lokal. Sistem permainannya, setiap kelompok harus mengirimkan satu perwakilan adik untuk menebak “kata” dengan tema pertanian. Sedangkan, anggota kelompok yang lainnya hanya bisa menjawab “Ya”, “Tidak”, atau “Bisa Jadi”. Banyak kata-kata lucu keluar dari adik-adik yang menimbulkan gelak tawa kaka yang mendampingi. Namun, hampir setiap kata-kata yang diberikan dapat ditebak oleh adik-adik.

Kegiatan Outbond ditutup, oleh penulisan cita – cita di selembar kertas oleh adik – adik. Faik dan Dzikry (Beswan BAF) ingin menjadi seorang pesepak bola. Evan (Adik dari RH) ingin menjadi seorang brimob dan ada Bagas yang ingin menjadi youtuber. Banyak cita-cita lainnya tertulis di selembar kertas, semoga tulisan-tulisan ini bisa menjadi sebuah do’a yang kelak Allah kabulkan. Aamiin

Setelah semua adik menuliskan cita-citanya, semua kertas direkatkan di balon udara untuk diterbangkan. Penerbangan balon ini, menjadi akhir dari rangkaian kegiatan perayaan hardiknas. Setelah ditutup, semua peserta dan panitia berfoto-foto bersama.

Terimakasih untuk BEM KM dan seluruh Lembaga Pengajar yang telah bekerjasama untuk mengadakan kegiatan ini. Semoga kita bisa terus bersinergi untuk memajukan pendidikan dan mencetak generasi penerus bangsa yang kuat IMTAQ dan berintelektual tinggi. Aamiin

Beberapa dokumentasi lainnya:

Setelah senam

Sharing-sharing bersama orang tua adik dan remaja Birena

Cucurak…

One thought on “Ahadan Ceria dan Puncak Perayaan Hari Pendidikan Nasional bersama BEM KM IPB

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s