Birena Fokus Ciptakan Adik yang Berdaya Pikir Kritis dan Berakhlak Mulia

Kiri ke kanan berurutan Engkay (Kepsek 39, Ambiya (Kepsek 40), Taufik (wakepsek 40), Muhamad (Wakepsek 39)

“PR besar kita adalah bagaimana agar adik berpikir bahwasanya lebih baik jujur dari pada mencontek hanya demi nilai bagus, hal ini memang sepele, namun dimasa depan akan menjadi faktor-faktor terciptanya koruptor yaitu memalsukan data,’ Tutur M. Hafidz Ambiya Kepala Sekolah terpilih Birena periode 1440 H saat penyampaian grand design di muktamar birena 1439 H (1/12/2018).

Memasuki periode kepengurusan 1440 H, Bimbingan remaja dan anak-anak (Birena) Al Hurriyyah Institut Pertanian Bogor kembali melalukan muktamar untuk menentukan siapa yang akan meneruskan roda pembinaan anak-anak dan remaja di Mesjid AL Hurriyyah IPB. Setelah melalui serangkaian proses pengkaderan oleh PSDM Birena IPB maka terpilihlah M. Hafidz Ambiya sebagai Kepala Sekolah Birena periode 1440 menggantikan Engkay kepala sekolah Birena terdahulu dengan A. Taufik sebagai wakilnya.

Ambiya mengangkat tiga fokus pembinaan yang akan dijalankan di periode pembinaan 1440 H nantinya. Fokus pertama adalah bagaimana membentuk binaan yang berkarakter mulia sesuai tuntunan Al Quran, Ambiya mengatakan hal ini menjadi penting karena semakin menurunkan karakter generasi muda dizaman sekarang ini. Fokus kedua yang diangkat oleh Ambiya adalah bagaimana membentuk adik binaan yang memiliki empat K yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif,dan komunikatif. Rendahnya daya baca anak-anak zaman sekarang dengan indikasi tahan membaca chat selama dua jam namun tidak tahan membaca buku selama satu jam membuat Ambiya menjadikan literasi sebagai fokus ketiga dalam kepengurusan Birena 1440 H.

“Bayangkan berapa besar amalan jariah yang akan kita dapatkan saat mengajari satu ayat Al Fatihah kepada adik yang terdapat sepuluh kebaikan didalamnya dan suatu saat nanti adik itu mengajarkan kembali ilmu tersebut, maka Birena adalah ladang amal yang sangat besar bagi kita semua,” tutur Ambiya saat menyampaikan manfaat yang diperoleh oleh pembina Birena saat membina. Selain itu, Ambiya juga mengatakan manfaat lain yang dirasakan pembina Birena adalah kekeluargaan yang terjalin baik antara sesama pembina dan semoga akan berlanjut menjadi perteman di surga nantiya.

Adapun visi yang akan dijalankan Ambiya di periode kepemimpinannya ialah terwujudnya karakter muslim yang berakhlak mulia dan beritelektual tinggi dengan berazkan kecintaan pada Allah SWT dan Rasullullah SAW. Beberapa misi yang akan dijalankan antara lain : Menjadikan pembinan Birena menjadi orang yang professional dalam membina, membangun ukhwah islami antara pembina adik dan orang tua, pelatihan mengajar untuk pembina, membangun suasana belajar yang asik dan disiplin, membangun pemahaman yang baik akan cinta kepada Allah SWT dan Rasullullah SAW atau bagaimana adik ketika beramal hanya dilandaskan pada cintanya kepada Allah SWT dan Rasullullah SAW, menggali minat bakat adik melalui program-program yang dibuat Birena, dan terakhir melalukan pelatihan softskill, desain grafis dan bahasa inggris untuk remaja Birena.

Diakhir sesi pemaparan grand design Kepala Sekolah Birena 1440 H berharap para pembina Birena dapat membantu dalam membangun generasi muda yang lebih sukses dari pada generasi sekarang ini. Barakallah wa innalillah Kepala Sekolah dan Wakil Birena 1440 H, semoga dapat membawa Birena untuk terus menebarkan kebaikan di muka bumi ini. (Humed 39)

Sesi foto bersama setelah Muktamar Birena 1440 H

One thought on “Birena Fokus Ciptakan Adik yang Berdaya Pikir Kritis dan Berakhlak Mulia

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s