New Spirit ! Semangatku Mengaji di Birena :)

“Bel sudah berbunyi, jam mengaji sudah dimulai. Ana bergegas menuju Al-hurriyyah. Samar-samar ana mendengar kalam qodim telah dilantunkan, pertanda bahwa mengaji semester ini benar-benar telah dimulai”.

caacf62c-72a5-4def-9f76-c81d0feba248

Tepuk semangat…

Se….. (prok-prok-prok)

Ma…..(prok-prok-prok)

ngat…..(prok-prok-prok)

see…mangaaattt!!!!

Ana berlari menuju aula alhur. Sesekali terhenti sambil memperbaiki kerudungnya yang mulai bergeser. Dari kejauhan ana melihat ramai anak-anak mulai berdatangan, beberapa darinya ana melihat Obi dan Eza sedang berlari memasuki aula. Ya. Hari ini adalah hari pertama ana mengaji, setelah libur panjang menemani hari-hari.

Sesampainya di depan aula, ana lekas mendatangi meja registrasi bersama ibu, menyerahkan berkas registrasi kemudian lanjut menyapa teman-teman sholihahnya, beberapanya didapati wajah-wajah baru dengan senyum sumringah melukis wajah mereka, menambah anggun si cantik jelita, tak sedikit juga yang malu-malu, menyembunyikan rasanya dibalik kerudung putih.

“ Aaah, indahnya. Semoga wajah-wajah ini terus menerus ana temui di setiap ahad”.  Pinta Ana pada Sang Pencipta.

Sama seperti semester lalu, mukoddimah mengaji di birena selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, tak heran jika kegiatan ini dinamakan New Spirit.  Me-recharge semangat kami untuk terus mengaji, diam-diam memikat hati agar tempat senyaman Alhurriyyah ini terus menerus kami rindukan di setiap ahadnya.

New spirit ini dibuka oleh kaka-kaka ikhwan sebagai MC, kudengar dari mikropon yang dipakai, nama kaka-kaka tersebut adalah Kak Alif dan Kak Nafian.

Mereka memperkenalkan diri kepada kami, riuh disambut dengan tepukan yang gemuruh. Wajar saja, kedua kaka tersebut merupakan Pembina baru. Kulihat dari balik tirai, obi dan anak-anak ikhwan lainnya tertawa riang menyambut sapaan kedua kaka tersebut.

Setelah memperkenalkan diri, kak Alif dan Kak Nafian membuka kegiatan hari ini dengan membawakan cimomon, wah ini yang ana tunggu sedari tadi. Cimomon, kisah-kisah unik, yang darinya ana mendapat hikmah, MasyaAllah.

Ibrah telah dipetik dari pohon cimomon, lekas kaka-kaka MC menyambut kepala sekolah untuk menyampaikan sambutan. Dari wajahnya ana mengenalinya, Ini adalah Kak Athari, kepala sekolah baru, menggantikan kak Ambiya yang telah pensiun. MasyaAllah sambut tepuk semangat dari teman-teman mengiringi langkah kak Athari.

Setelahnya , MC mengimbau kami untuk lekas mengambil wudhu, ini pertanda waktu dhuha telah dimulai. Saatnya bermunajah mesra dengan Sang Pencipta, meminta keridhoannya agar langkah kaki ini terus istiqomah mengaji di Birena. Hari ini, Obi yang memimpin sholat dhuha. MasyaAllah sekali,  Ia membaca ayat-ayat-Nya dengan teramat khusyuk.

Doa waktu dhuha menjadi penutup, kemudian MC mengarahkan kami untuk duduk rapi bersila. Dari tempat duduk, Ana melihat kaka-kaka Pembina mempersiapkan proyektor dan laptop, wah tenyata new spirit ini juga diisi dengan menonton.

“Horee,”

Teriak Ana dengan penuh semangat. Ternyata, hari ini berkaitan dengan hari kanker sedunia. Kami menonton cuplikan video tentang apa itu kanker dan bagaimana kanker dapat menyerang manusia. Subhanallah, benar-benar menyadarkan ana untuk terus menjaga diri agar selalu sehat, kuat dan makan makanan yang bergizi seimbang.

Setelah menonton, kegiatan new spirit dilanjutkan dengan games-games menyenangkan. Salah satunya adalah games mengisi kertas harapan, ana mengisi kertas tersebut dengana kalimat yang mengagumkan :

“InsyaAllah, ana ingin menjadi Hafizhoh”, tulisnya di kertas tersebut.

Disisi lain, obi mengisi kertas harapan tersebut dengan serangkaian harapannya, begitu juga dengan eza yang menuliskan harapan berupa ‘semangatnya’ agar terus istiqomah mengaji di Birena.

Games yang seru ini benar-benar mengasyikkan. Kesyahduannya mengiringi ana dan teman-teman untuk berimajinasi menjelajahi cakrawala harapan dan cita-cita mereka.

Setelah games usai, kegiatan new spirit ini diisi dengan klimaks yang menyenangkan dan mengenyangkan.

Yaps, apalagi kalau bukan GINAAA-Gizi Birena.

Tentu saja yang satu ini menjadi hal yang menggiurkan bagi ana dan teman-temannya. Alhamdulillah.

Waktu pun terus berlalu, Kegiatan new spirit diakhiri dengan pengenalan Pembina baru dan dilanjutkan dengan foto bersama.

“MasyaAllah Tabarakallah, semoga Allah pun mengabadikan kegiatan hari ini dengan lensa rahmatnya agar menjadi wasilah Ana dan teman-teman untuk terus semangat mengaji di Birena”, doa ana dalam hatinya.

Semoga Allah teguhkan hati kita untuk terus mengaji di birena ya kaka-kaka. Pun Allah teguhkan hati kaka-kaka untuk terus menagjari kami mengaji disini.

Ilal, liqo sampai bertemu diahadan selanjutnya teman-teman.

 

penulis : Kastrat 1441H

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s