TIKTOK : ANTARA MUDHARAT DAN MANFAAT

Assalamu’alaikum sobat Birena, apa kabarnya nih?. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt Aamiin. Temen- temen kalau lagi gak ada kegiatan biasanya ngapain  aja sih?  ngobrol sama keluarga?  ngobrol sama temen? atau tilawah Alquran? MasyaAllah. Setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk mengisi waktu luang yang ada, bahkan untuk mengusir rasa kejenuhannya seseorang pasti mencari kegiatan yang bisa menghibur dirinya.

Di era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak aplikasi yang bermunculan dengan alasan untuk bahan hiburan semata, salah satunya adalah Tik Tok, ada yang pernah dengar sebelumnya?. Aplikasi yang satu ini menawarkan penggunanya untuk bisa menggunggah video dengan berbagai  macam musik dan lagu. Sebagian orang menganggap kegiatan ini sebagai hiburan semata dan penghilang rasa jenuh saja.

Lalu bagaimana pandangan Islam dalam meninjau aplikasi yang dominan digunakan oleh kaum muda ini?

Tik Tok telah melampaui lebih dari 1,5 miliar unduhan di App Store dan Google Play. Hal ini menunjukkan bahwa Tik Tok merupakan salah satu aplikasi yang sangat digemari. Aplikasi media sosial yang dibuat oleh China ini memiki  lebih dari 800 juta Pengguna aktif di seluruh Dunia. Faktanya, hampir 70% pengguna TikTok berusia antara 16 hingga 24 tahun, yang berarti bahwa hanya 30% berusia 25 tahun ke atas. Hal ini menunjukkan pengguna Tik Tok berasal dari kalangan remaja.

Berdasarkan rapat tertutup antara pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dengan perwakilan Tik Tok disepakati batas usia minimal pengguna Tik  Tok adalah 13 tahun. Bagi anak di bawah umur 13 tahun harus diberikan panduan bimbingan dari orang tua. Tapi pada kenyataannya, masih banyak anak-anak dibawah umur yang asyik menggunakan Tik Tok. Bahkan banyak diantaranya yang menggunakan aplikasi Tik Tok tanpa pengawasan orang tua. Tentunya hal ini menjadi ancaman serius bagi penerus bangsa. Karena secara tidak langsung, penggunaan Tik Tok akan menyebabkan pengguna untuk suka bergoyang ria. Ditinjau dari konten dan gerakan yang tidak sewajarnya membuat pengguna seperti kehilangan rasa malu dan akan sia-sia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ لِكُلِّ دِينٍ خُلُقًا ، وَإنَّ خُلُقَ الإسْلاَمِ الحَيَاء

“Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.” (HR. Ibnu Majah no. 4181)

Rasa malu merupakan akhlak mulia yang menunjukkan baik dan buruknya seorang manusia. Siapa yang banyak malunya lebih banyak kebaikannya, dan siapa yang sedikit rasa malunya semakin sedikit kebaikannya. Jika seorang muslim sudah lupa bahwa rasa malunya merupakan fitrah baginya, sungguh yang terjadi adalah fitnah. Berjoget-joget dihadapan yang bukan mahram dan ditonton oleh banyak orang. Naudzubillah min dzalik.

Hasan al Bashri Rahimahullah mengatakan:

من علامة إعراض الله تعالى عن العبد أن يجعل شغله فيما لا يعنيه

“Di antara tanda bahwa Allah Ta’ala berpaling dari seorang hamba adalah dijadikannya hamba itu sibuk dengan hal yang tidak bermanfaat.”(Imam Ibnu Daqiq Al ‘Id, Syarhul Arbain An Nawawiyah, Hal. 62. Maktabah Misykah).

Terlepas dari konten diatas, tiktok juga mengandung konten yang positif loh. Seperti tips-tips lifehack, tips mengerjakan ini itu, tips menggunakan aplikasi ms.word, excel dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, sebagai pengguna sosial media yang cerdas. Kita harus bisa memfilter konten yang positif. Agar waktu yang kita curahkan pada aplikasi ini lebih bermanfaat terkhusus untuk diri sendiri. Jangan sampai waktu di masa muda kita terbuang sia-sia.

“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).” (HR. At-Tirmidzi, Lihat Ash-Shahihah no. 946)

YUK BIJAK MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Silahkan tulis kesan dan pesanmu di sini..! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s